Palapa Ring Tulang Punggung Komunikasi Indonesia Hadir di Sangihe

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudi Antara meresmikan Proyek mega telekomunikasi Palapa Ring di kabupaten Sangihe dan disaksikan oleh menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

 

Daily Manado.com – Proyek palapa ring paket tengah dihadirkan di kabupaten Sangihe. Meski baru dalam tahapan uji coba, namun proyek mega telekomunikasi ini diperkirakan menyerap dana fantastis lebih dari Rp 1 triliun.

Pada peresmiannya, dilakukan langsung oleh menteri komunikasi dan informatika RI, Rudi Antara dan disaksikan juga oleh menteri keuangan, Sri Mulyani dan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Sabtu,19/01/2019.

Pada sambutannya, Rudi Antara mengatakan palapa ring ini merupakan jaringan tulang punggung komunikasi antara pedesaan dan perkotaan di Indonesia. Rudi menjelaskan ring ini diperuntukkan untuk menyambungkan dengan sendirinya jaringan komunikasi yang terputus. “Jadi kalau ada satu jaringan yang terputus, dengan menggunakan palapa ring dia mencari jaringan dengan sendirinya”, ujar Rudi.

Ditambahkan dengan adanya palapa ring dijamin bisa memuaskan masyarakat yang kini haus dengan jaringan internet. “Masyarakat sekarang kan maunya ada jaringan internet dan tidak memakan biaya, jadi ke depannya kebutuhan masyarakat akan informasi menjadi terjamin”, ujar Rudi. Ia mengkiaskan palapa ring ini seperti tol langitnya Indonesia dalam waktu ke depan nanti.

Rudi menuturkan pada tahun 2020 nanti semua kantor pelayanan publik juga akan terkoneksi dengan jaringan internet. Dari konektivitas ini akan mengefisiensi waktu dan mengefektifkan kinerja seluruh kantor yang menyentuh pada publik. Masyarakat dan pemprov Sulawesi Utara juga tidak akan mondar-mandir ke Jakarta bila memerlukan kebijakan dari pemerintah pusat. (Rogin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *