Pemkot Laksanakan Kawin Massa

Tomohon-Dalam rangkaian Memperingati Hari Jadi Kota Tomohon ke-16 tahun 2019.
Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak Mencatat 20 Pasang Suami-Istri dalam Pencatatan Sipil Perkawinan Masal.

Sementara itu Wakil Walikota Tomohon Syerly A. Sompotan dan Ketua DPRD Kota Tomohon Ir. Miky J.L. Wenur, MAP yang menjadi saksi dalam Pencatatan Sipil Perkawinan Masal tersebut yang dilaksanakan di Taman Kabasaran Mal Pelayanan Publik Wale Kabasaran Tomohon, Jumat 25/1/19.

Kegiatan ini dihadiri Kapolres Tomohon AKBP Raswin B. Sirait, SIK, SH, MSi, mewakili Kajari Tomohon Kasubsi A Kajari Tomohon Mariska Kandouw, SH, MSi, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, MSc bersama Jajaran Pemerintah Kota Tomohon,Kepala Samsat Tomohon Selvie Paat.

Walikota Tomohon Jimmy F.Eman,SE.Ak mengatakan,
Pelaksanaan pencatatan Perkawinan merupakan amanat Undang-undang yang harus dilaksanakan guna memberikan kepastian hukum terkait status penduduk dalam Perkawinan.Oleh sebab itu demi menjawab kebutuhan masyarakat agar status Perkawinan dinyatakan sah menurut Undang-undang, maka Pemerintah Kota Tomohon melaksanakan Pencatatan Perkawinan Masal sebanyak 20 Pasang Suami Istri yang telah memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan Perundang- undangan yang berlaku.

Pencatatan Perkawinan Masal seperti ini dimaksudkan juga untuk meminimalisasi angggaran penduduk, dan penduduk tidak perlu malu kalau perkawinannya belum dicatatkan dan dicatatkan pada momentum seperti ini,pencatatan ini bertujuan untuk mendapatkan legalitas formal atas status hubungan dalam keluarga.

Dalam rangkaian pelaksanaan Pencatatan Perkawinan Masal ini, juga dilaksanakan Penandatangan Peranjian kerjasama Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik yang bertujuan memudahkan lembaga pengguna untuk dapat mengakses data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam rangka perencanaan program kegiatan berkaitan dengan kependudukan yang tentu dapat dimanfaatkan secara tepat, berdasarkan hasil data konsolidasi bersih Kementerian Dalam Negeri RI.

Pada kesempatan itu juga Walikota menyerahkan Dokumen Kependudukan yakni Akte Nikah, Akte Kelahiran Kelahiran, Pengesahan Anak, Kartu Keluarga, KTP, KIA kepada 20 Pasang Suami-Istri. 20 pasangan suami isteri ini mengucapkan terima kasih kepada walikota Tomohon dan jajarannya.(Tya)

Pos terkait