Sekot Lolowang Hadiri Kegiatan Pelayanan Pemeliharaan Kesehatan Lansia

Tomohon – Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE AK diwakili Sekretaris Daerah Kota Tomohon menghadiri Kegiatan Pelayanan Pemeliharaan Kesehatan Program Peningkatan Pelayanan Kesehatan Lansia bertempat di Aula Nagamas, Selasa(2/4/19).

Walikota dalam sambutan yang dibawakan Sekretaris Daerah mengatakan, dalam UU no 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia, pemerintah bertugas mengarahkan, membimbing dan menciptakan suasana yang menunjang bagi terlaksananya upaya peningkatan kesejahteraan Lansia.

Data profil kesehatan tahun 2017 jumlah penduduk Lansia adalah 12.573 atau 12,12% dari jumlah penduduk 103.711 jiwa.

Permasalahan mendasar pada Lansia adalah masalah kesehatan akibat proses degeneratif. Penyakit terbanyak pada Lansia adalah penyakit tidak menular antara lain hipertensi, arthritis, masalah gigi dan mulut dan diabetes mellitus.

Ditambahkan Lolowang,Untuk mengatasi masalah kesehatan yakni melalui upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan SDM, pemenuhan kebutuhan pelayanan pemeliharaan kesehatan Lansia melalui petugas kesehatan. Melalui upaya ini diharapkan peran aktif dari petugas kesehatan agar dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada para Lansia. Upaya ini juga kepada para Lansia yang hadir dapat mengerti dan memahami pentingnya menjaga kesehatan.

Sementara itu,Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon dr Deisie Liuw MBiomed dalam laporannya, kegiatan ini untuk tercapainya derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat, meningkatnya Usaha Harapan Hidup(UHH) Lansia, meningkatkan pengetahuan petugas kesehatan tentang cara memberikan pelayanan kesehatan kepada Lansia. Tampak hadir jajaran Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon, serta para peserta dari Lansia.(Tya)

Pos terkait