Walikota G.S Vicky Lumentut Jadi Irup HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

 

 

Daily Manado.Com- Pemerintah Kota  (Pemkot) Manado menggelar Upacara Bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yang berlangsung di lapangan Sparta Tikala Manado, Sabtu (17/08) pagi tadi. Dan selaku Inspektur Upacara Walikota Manado, DR. Ir GS Vicky Lumentut, SH, M.Si DEA, Upacara yang dimulai pukul 10.00 Wita itu, ditandai dengan bunyi sirine pertanda dimulainya detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Diawali dengan pembacaan teks Proklamasi yang disampaikan Pimpinan Dewan Sementara Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado Ketua, Altje Dondokambey. Dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh kelompok Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Manado yang terdiri dari pasukan 8, pasukan 17 dan pasukan 45.

Dengan langkah tegap, anggota Paskibraka yang terdiri dari siswa-siswi terbaik pada beberapa SMA/SMK di kota Manado ini dan didukung penuh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Komando Distrik Militer (KODIM) 1309 Manado.

Pada upacara tersebut Tim Paskibraka Manado berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Usai upacara bendera, Walikota mengatakan momen perayaan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI merupakan hal wajib untuk dilaksanakan.

Pasalnya, dengan perayaan tersebut akan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa serta kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Momentum perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun 2019 ini sangat penting dan wajib untuk dilaksanakan. Karena, dengan perayaan seperti ini akan menggugah rasa nasionalis kita untuk lebih mencintai dan bangga dengan Negara ini. Kita juga berterima kasih kepada para pahlawan bangsa yang telah berkorban untuk kemerdekaan negeri ini,” tandas Walikota dua periode tersebut.

Disamping itu, tambah Walikota, dirinya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat di Kota Manado, khususnya generasi muda agar memelihara kemerdekaan yang diberikan Tuhan melalui perjuangan para pahlawan kusuma bangsa. “Dirgahayu Negeriku, ke 74 Tahun, SDM Unggul Indonesia Maju, Merdeka !!! Tuhan Memberkati kita semua,” Ucap Walikota

Tampak hadir, Wakil Walikota Manado, Mor D Bastiaan, SE, segenap Anggota DPRD Kota Manado, Forkopimda Kota Manado, Ketua TP PKK Kota Manado, Prof. DR. Julyeta PA Lumentut – Runtuwene bersama Keluarga, Wakil Ketua TP PKK Kota Manado, Imelda Bastiaan Markus, SE, Sekretaris Kota Manado, Micler CS Lakat, SH, MH, serta para pejabat dilingkup Pemkot Manado, TNI dan Polri, Organisasi Keagamaan/Kemasyarakatan dan Kepemudaan serta Undangan.

(Stand Lee)

Pos terkait