Wakil Walikota Tomohon Sompotan Hadiri Sanitation Summit

Tomohon – Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan menghadiri City Sanitation Summit XIX AKKOPSI Tahun 2019, di Siring Depan Batung Batulis Banjarmasin, Tempat : Rattan Inn, Banjarmasin Kalimantan Selatan

23-25 September 2019.

Malam sebelumnya (23/9/19), para peserta.dijamu makan malam selain dijamu di atas tongkang dan tepi Siring juga dihibur dengan penampilan puluhan jukung hias di atas Sungai Martapura, Kota Banjarmasin maupun letupan kembang api yang berwarna-warni.

Gala Dinner ini dipimpin langsung Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama istri Hj Siti Wasillah dan Wakil Walikota H Hermansyah didampingi Hj Siti Fatimah.

Hajatan yang diselenggarakan Asosiasi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI),Kementerian Dalam Negeri serta diikuti seluruh Bupati,Walikota, Wakil Walikota se-Indonesia pengelola sanitasi.

Wawali Syerly Adelyn Sompotan mengatakan kegiatan ini adalah ajang bagi seluruh pimpinan daerah baik Bupati,Walikota, Wakil Walikota & Wakil Bupati untuk kepedulian bagi penanganan dan pengelolaan Sanitasi, Pengelolaan Sampah, Limbah dan Drainase.
Untuk menjamin kesehatan produktivitas dan kreativitas masyarakat.

“Di tempat ini seluruh seluruh Bupati,Walikota dan Wakil Walikota dan Wakil Bupati bersama-sama berbagi informasi dan solusi bagaimana memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui pengelolaan air minum 2019, Pengelolaan sanitasi yang baik didalamnya pengelolaan sampah dan limbah yang berdampak luas bagi masyarakat.

Sedangkan Walikota H Ibnu Sina saat acara Welcome Dinner City Sanitation Summit XIX AKKOPSI Tahun 2019 mengaku bahwa kedatanganya para Bupati dan Walikota dan Wakil se-Indonesia ini merupakan support baginya dalam membangun Kota Banjarmasin.

“Mudah-mudahan para tamu CSS menikmati suguhan wisata sungai dari kita dengan kemilau Kota Banjarmasin bisa memberikan hiburan juga atraksi jukung tanglongnya betul betul memberikan surpirse yang tidak biasa bagi bupati,wali kota dan wakil.

Kegiatan ini dihadiri Menteri PPN / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Bupati dan Walikota maupun Wakil Walikota yang hadir dari berbagai daerah se-Indonesia

Sambutan Menteri PPN/ Kepala Bappenas sekaligus memberikan Materi terkait Kepemimpinan Daerah Sebagain Kunci Sukses Pencapaian RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2020-2024 & SDGs (Sustainable Development Goals=Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ).

Sanitasi yang Baik akan memunculkan peradapan yang baik dan memberikan beberapa solusi dalam menghadapi kendala/masalah terkait Air Minum dan Sanitasi saat ini.

Ketua Umum Asosiasi Kabupaten Kota Peduli Kota Peduli (AKKOPSI) DR. H. Syarif Fasha, ME. yang memberi Laporan Awal.

Tujuan pelaksanaan CSS (City Sanitation Summit) adalah menyelenggarakan forum pertukaran pengalaman berbagai kabupaten/kota yang peduli dan giat dalam pembangunan, membangun kemitraan AKKOPSI dan para anggota serta calon anggota, mendorong penongkatan upaya advokasi,promosi dan kampanye pembangunan sanitasi indonesia, mensosialisasikan kesadaran tentang pentingnya perencanaan strategis dalam optimalisasi investasi di penyediaan layanan sektor sanitasi.(Tya)

Pos terkait