Dinas PUPR Manado Kembangkan Aplikasi Sipetarung Dampingi Panada

  • Whatsapp
KPU Tomohon
    

Daily Manado.com — Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bekerja sama dengan Universitas De La Salle berhasil mengembangkan satu aplikasi dalam rangka menunjang program Pemerintah Kota Manado melalui pelayanan publik berbasis IT.

Kepala Dinas PUPR Kota Manado Petter KB Assa menyampaikan, dalam waktu dekat ini DPUPR akan mengoperasikan satu aplikasi yang di beri nama ‘SIPETARUNG’ atau Sistem Informasi Perijinan Tata Ruang.

Dijelaskannya, aplikasi ini nantinya juga akan terintegrasi dengan PANADA.

“Dengan kata lain, SIPETARUNG ini hadir untuk menunjang aplikasi PANADA, dan aplikasi ini juga akan terintegrasi dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP),”ujar Assa.

Sementara itu, Kepala Seksi Tata Ruang di Dinas PUPR, Mei Hompas menambahkan, dalam implementasinya, SIPETARUNG akan mengcover semua aspek perijinan yang berhubungan dengan ketataruangan.

“Memang aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan, namun ke depannya aplikasi ini juga akan digunakan pengawasan dan pengendalian pemanfaatan tata ruang hingga penerbitkan IPPT atau Ijin Peruntukan Penggunaan Tanah,” jelas Hompas.

Dijelaskannya pula, itulah yang kemudian membuat aplikasi ini teritegrasi dengan Dinas PM-PTSP,  termasuk juga dengan Dinas Kominfo dan Cerdas Command Center.

(Stand lee)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *