Kerjasama Antara Pemkot Manado dengan Unsrat Lakukan Inovasi Berupa Mesin Pengering Rica

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Daily Manado.com– Pemerintah Kota Manado bekerjasama dengan Universitas Sam Ratulangi melakukan inovasi dengan mengembangkan alat yang dalam proses pemanfaatannya dibantu Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTB) dan tenaga surya.

Alat ini disebut Mesin Pengering Rica yang telah tersedia di Rumah Potong Hewan (RPH) Bailang, kecamatan Bunaken.
Fakultas Pertanian Unsrat menyerahkan pemanfaatan alat ini ke pihak Pemkot Manado yang sudah terlebih dulu mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTB).

“Pengadaan alat kerjasama kajian Pemkot dengan Unsrat. Manfaatnya akan digunakan kelompok tani untuk pengeringan rica (cabe). Alat ini menggunakan energi terbarukan dari energi listrik yang dihasilkan oleh pengelolaah limbah kotoran sapi di RPH Bailang dan energi tenaga surya,” ungkap Kepala Bapelitbangda Kota Manado, Liny Tambajong.

Mesin Pengering Rica ini kedepan akan dikelola oleh Pemkot Manado melalui Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Manado lewat UPTD RPH.
Kepala RPH, Joike Tumbel mengatakan pengering rica ini sangat bermanfaat dimana tingkat konsumsi rica (cabe) oleh masyarakat Kota Manado terbilang cukup tinggi.
“Untuk mempertahankan kualitas dan sebagai persediaan di saat rica mahal maka solusinya adalah alat ini,” jelasnya.
Dia melanjutkan, masyarakat yang ingin memanfaatkan Mesin Pengering Rica bisa langsung datang ke RPH Bailang.
“Masyarakat yang ingin mengeringkan rica bole datang ke RPH. Gratis tidak bayar,” ujarnya.

Dalam penyerahan Mesin yang digelar pekan lalu, turut hadir, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra setda Kota Manado, Heri Saptono, Kepala Bapelitbangda, Liny Tambajong, Kepala DPKP, M Nainggolan serta pihak Fakultas Pertanian Unsrat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *