Dinkes Manado Gelar Evaluasi STBM di Kelurahan se- Kota Manado Tahun 2019

  • Whatsapp
KPU Tomohon

 

 

Daily  Manado.comРDinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado menggelar Evaluasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di kelurahan Kota Manado, selama dua hari Kamis (10/10) hingga Jumat (11 /10/2019) bertempat  di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) kelurahan Malalayang I, kecamatan Malalayang.


Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, dr Ivan Sumenda Marthen,MM menjelaskan lewat kegiatan yang dihadiri Kepala Puskesmas se-Kota Manado, Operator dan petugas Sanitasi, diharapkan Puskesmas menjadi inisiator untuk mendorong masyarakat untuk sadar akan kesehatan lingkungan.
“Target kami supaya Puskesmas yang ada di Kota Manado menjadi inisiator untuk mendorong masyarakat di kelurahan untuk melakukan kegiatan yang menciptakan lingkungan yang sehat,” ucap dr Ivan.


Dilanjutkannya, untuk menciptakan lingkungan yang sehat ada indikator-indikator yang harus dipenuhi, salah satunya dengan mendorong kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar sembarangan (BABS). Kegiatan lain yang juga perlu dilakukan masyarakat untuk menciptakan lingkungan sehat dengan cara-cara sederhana seperti mencuci tangan pakai sabun, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah dengan benar, mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.
“Kami butuh dukungan dari masyarakat untuk menjaga kebersihan masing-masing,” imbaunya.


Sosialisasi STBM ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan kerjasama antara Dinas Kesehatan Kota Manado dan Bapelkes dalam penyelenggaraan pelatihan-pelatihan oleh Dinkes kedepannya.
“Kita melakukan kerjasama dengan Bapelkes karena Bapelkes tempat penyelenggaraan pelatihan yang sudah terakreditasi. Sudah dijamin mutu penyelenggaraannya, fasilitasnya, mutunya sudah dijamin dan outputnya juga memberi dampak bagi kita tenaga kesehatan,” jelas Kadis Dinkes.


Sementara itu, Kepala UPTD Bapelkes Dinkes Sulut Dr Samuel Tanos menyatakan siap bekerjasama dengan Dinkes Kota Manado dalam penyelenggaraan pelatihan-pelatihan.
“Kami dari Bapelkes siap untuk bekerjasama. Kalau bikin kegiatan di sini, sertifikatnya nanti adalah sertifikat yang terakreditasi,” Jelasnya.

(Stand Lee)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *