40 Anggota DPRD Manado Terima Beragam Materi Termasuk Penyusunan APBD 2020

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Materi Diterima 40 Anggota DPRD Manado, Termasuk Tentang Penyusunan APBD 2020

 

Daily Manado.Com- DPRD kota Manado bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sam Ratulangi (LPPM Unsrat) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Pimpinan dan Anggota DPRD kota Manado, bertempat di Hotel Mercure Tateli.

Bimtek yang dilaksanakan Senin (28/10/2019) rencananya akan berlangsung hingga Rabu (30/10/2019).

Ketua DPRD Manado Altje Dondokambey mengatakan, seluruh legislator mengikuti Bimtek terhitung Senin hingga Rabu besok.

Bimtek yang dihadiri 40 anggota DPRD Manado itu mengambil tema Kebijakan Penyusunan Pengelolaan Keuangan Daerah Berbasis Zona Integritas, Reformasi birokrasi dan Tata cara penyusunan Peraturan Daerah.

“Bimtek ini merupakan program wajib yang diikuti bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dalam melaksanakan tugas sebagai anggota dewan,” ujarnya, Selasa (29/10/2019).

Dikatakannya, bagian menjelaskan tugas fungsi legislasi serta pengawasan penganggaran yang tujuannya untuk kepentingan masyarakat.

“Materi pada pertama sudah selesai, kemarin (Senin) diawali oleh Koordinator Kejati Sulut Muchsin dengan materi tentang Pembangunan Zona Integritas melalui Reformasi Birokrasi Menuju Wilayah Bebas Korupsi. Kemudian kedua dari unsur LPPM Unsrat yakni Jemmy Sondakh dan Danny R Pinansang soal Sistem Penguatan Alat Kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,” katanya.

Kemudian pada materi ketiga masih dari LPPM mengenai Hak dan Kewajiban Daerah dalam Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Daerah sesuai Peraturan Pemerintah (PP) no 12 Tahun 2019 tentang pengelolaan Keuangan daerah

Disambung, pemateri keempat dari LPPM Unsrat Een Walenwangko tentang Penyusunan APBD 2020.

“Pada hari kedua dan ketiga sejumlah materi berfaedah akan dilanjutkan. Dan seluruh rangkaian ini saling terkait sesuai porsi kewajiban mereka sebagai wakil rakyat,” ucapnya.

Ia pun berharap kepada para peserta dalam hal ini anggota DPRD agar mengikuti Bimtek dengan serius agar kerja dan kinerja ke drpan semakin bagus sesuai tufoksi.

“Untuk itu, penting diterima agar sinergitas kerja semakin mantap sesuai aturannya,” ungkapnya.  (Lee)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *