Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado Gelar Sosialisasi Penyuluhan Kearsipan

  • Whatsapp
KPU Tomohon

 

Daily Manado.com— Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Kota Manado wajib menyiapkan tenaga pengelola arsip yang kompeten. Hal ini ditegaskan Walikota G.S Vicky Lumentut melalui Wakil Walikota (Wawali) Mor Bastiaan saat membuka sosialisasi penyuluhan kearsipan yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkot Manado, di Ruang Tolu, Kantor Walikota Manado, Rabu, (19/11/2019)

Dalam Sosialisai tersebut, Wawali menegaskan, mindset tentang arsip selama ini sudah saatnya diubah. Di mana, arsip tidak lagi dipandang sebagai catatan yang ditumpuk di gudang kemudian dilupakan. “Kita harus menjadikan arsip sebagai rekam jejak manajemen pemerintahan. Data berharga yang patut dipelajari untuk kemajuan selanjutnya serta bahan sejarah yang tak ternilai rupiah dan mesti dirawat seperti merawat ingatan kita sendiri,” tegas wawali Mor.


Dia pun meminta setiap perangkat daerah untuk menyediakan tenaga pengelola arsip yang kompeten yang dalam melaksanakan tugasnya dan dapat berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado. “Dalam rangka memantapkan kemampuan mengelola, menata, dan menyelamatkan arsip di lingkungan Pemkot Manado,” ujar Mor.


Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Refli Mamusung menyatakan, sosialisai ini sangat penting untuk semua jajaran pemerintah kota. Pasalnya, salah satu penanda kemajuan dan kewibawaan pemerintah yaitu tata kelola kearsipan. “Arsip merupakan tulang punggung manajemen pemerintahan dan pembangunan. Di mana, arsip merupakan bukti akuntabilitas kinerja organisasi serta alat bukti yang sah. Selain itu, arsip merupakan memori kolektif dan jati diri bangsa dan menjadi akses kepada kumpulan pengetahuan, pengalaman dan pembelajaran yang telah dilalui bangsa,” terang Mamusung.


“Kiranya melalui kegiatan ini, para peserta dapat mengetahui dan mempelajari panduan teknis lebih khusus kategori arsip dinamis, penggunaan surat, penataan surat dan penyusutan arsip,” tambah Kepala Bidang Kearsipan Pricilia Pinaria.


Hadir sebagai pemateri dalam sosialisasi yang digelar pada 19-20 November itu, Arsiparis Madya, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Sri Wulandari. Turut hadir, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Musa H Tinangon serta para kepala Perangkat Daerah di jajaran Pemkot Manado.  (Stand Lee)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *