Penanganan Sampah Jadi Prioritas Pemkot Manado

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Daily Manado.Com– Penanganan sampah di Kota Manado menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

Hal ini ditegaskan Kepala Bapelitbangda Kota Manado, Liny Tambajong dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Pelaksanaan Program Kegiatan Infrastruktur, Pengelolaan Persampahan dan Revisi Strategi Sanitasi Kota Manado tahun 2019 yang digelar Bapelitbangda Kota Manado di ruang Serbaguna Kantor Walikota, Selasa (26/11/2019).

Dalam Rakorev ini, Kaban Liny memaparkan berbagai informasi strategis terkait kebersihan dan persampahan untuk menjadi bahan evaluasi bagi Pemerintah di wilayah juga instansi terkait lainnya. Mulai dari jumlah petugas kebersihan baik di tiap kecamatan juga di Dinas Lingkungan Hidup, kendaraan pengangkut sampah, anggaran program pengembangan kinerja pengelolaan persampahan, target dan realisasi retribusi kebersihan persampahan, optimalisasi TPS3R/TPSS, bank sampah dan beberapa informasi lainnya.

Pada kesempatan ini, Tambajong meminta pihak kecamatan untuk lebih mengoptimalkan potensi realisasi retribusi sampah. Juga tempat pengelolaan sampah di kecamatan dalam hal ini TPS3R dan TPSS untuk lebih dimaksimalkan penggunaannya.
Selain itu, Pemerintah di wilayah juga diajak untuk secara aktif mensosialisasikan beberapa cara yang dapat dilakukan masyarakat dalam rangka pengurangan sampah. Yang pertama yang dapat dilakukan masyarakat yakni mengolah sampah menggunakan dekomposter yakni alat yang digunakan untuk mengurai sampah. Disebut alat ini mampu mengurangi sampah sekitar 11,4 persen setiap harinya. Yang kedua dengan memanfaatkan bank sampah. Dimana sampah yang dapat didaur ulang dibawa ke bank sampah yang nantinya juga bisa menghasilkan uang bagi nasabah. Dengan memanfaatkan bank sampah ini diyakni sampah bisa berkurang sebanyak 23,5 persen setiap hari. Upaya berikutnya dengan menggunakan tumbler untuk menggantikan botol plastik kemasan sekali pakai. Dengan cara ini sampah dapat berkurang 8,7 persen setiap hari. Dan yang juga mampu mengurangi sampah yakni dengan menggunakan tas belanja ramah lingkungan. Dan jika semua cara ini dilakukan, diperkirakan sampah dapat berkurang sekitar 30 persen setiap harinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *