Bapelitbangda Gelar Pembahasan Laporan Akhir Penyusunan Masterplan CSR

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Daily Manado.Com -Bapelitbangda menggelr Pembahasan Laporan Akhir Penyusunan Masterplan Corporate Social Responsibility (CSR) Kota Manado kerjasama antara Bapelitbangda dengan konsultan CV. Mitra Sulut Sejati yang dibuka oleh Kepala Bapelitbangda, Dr. Liny Tambajong, ST, Msi. pada  Rabu (01/12/2019) bertempat di Swissbel Hotel Maleosan Manado.

Dalam kesempatan ini, Team Leader CV. Mitra Sulut Sejati memaparkan hasil penelitian mereka yang dirangkum menjadi laporan akhir dengan moderator Kabid Sosbudpem Ibu Leidy I. C. Sekeon, SPi,MSi. Tim Ahli menjelaskan bahwa tujuan diadakannya penyusunan masterplan ini adalah untuk menghasilkan produk rencana induk / Masterplan CSR Kota Manado dan Naskah Akademik Ranperda tentang CSR Kota Manado.

Tim Ahli memaparkan bahwa peraturan tentang CSR diatur dalam UU Nomor 40 Tahun 2007 Pasal 74, yang disebutkan sebagai berikut :
1. Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya dibidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab social dan lingkungan
2. Tanggung jawab social dan lingkungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan kewajiban perseroan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran
3. Perseroan yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
4. Ketentuan lebih lanjut mengenai tanggung jawab social dan lingkungan diatur dengan Peraturan Pemerintah
Dalam hal ini perusahaan yang dimaksud yaitu Persekutuan Komanditer, Perseroan Terbatas, Badan Usaha Milik Daerah dan Badan Usaha Milik Negara, dengan besaran dana sebesar 2% (dua persen) dari laba bersih perusahaan setelah dipotong pajak dengan memperhatikan asoek keadilan dan kemampuan perusahaan berupa program kegiatan baik pembangunan fisik maupun non fisik (bukan uang tunai).
Setelah pemaparan oleh Tim Ahli, berbagai saran, masukan dan sharing pengalaman diberikan oleh berbagai Perangkat Derah terkait seperti Dinas Pariwisata, Bapenda, Dinas Dikbud dll juga oleh perusahaan-perusahaan yang hadir seperti Angkasa Pura, Bank Sulut, PLN dll.

Dan tak lupa juga pertanyaan serta saran dan masukan dari Kepala Bapelitbangda yang mengharapkan laporan akhir Masterplan CSR ini dapat menjawab bagaimana kolaborasi pariwisata di Manado dengan konsep yang ada pada Badan Usaha yang tujuannya mereduksi dampak social dan lingkungan, dan diharapkan output kegiatan ini memiliki dampak pada kegiatan CSR itu sendri, dengan adanya SOP dan cara mengelola CSR yang baik sampai pada pemeliharaannya dan tentunya diharapkan kegiatan CSR ini berdampak pada kebutuhan masyarakat di Kota Manado.   (Stand Lee)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *