Bapelitbangda Gelar FGD Laporan Akhir Kajian Dan Distribusi Tenaga Pendidik Kota Manado

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Daily Manado.Com – Kegiatan FGD Laporan Akhir Kajian Kebutuhan dan distribusi tenaga pendidik di kota manado tahun 2019 bekerjasama Bapelitbang dengan Tenaga Ahli Universitas Negeri Manado yaitu Prof. Dr. Julyeta P.A. Runtuwene, MS Sebagai Ketua Tim dan Prof.Harold Lumapow, MPd serta Dr. Wilson Rombang, Msi sebagai anggota. FGD Laporan Akhir ini dibuka oleh Kepala bidang Sosbudpem Bapelitbangda Leidy I. C. Sekeon, Spi, Msi.

Dasar pelaksanaan Kajian ini yaitu Permen Dikbud No. 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana SD dan SMP. Dalam kesempatan ini, tim ahli memaparkan laporan akhir yang merupakan hasil penelitan dan survey yang dilaksanakan di sekolah-sekolah yang tersebar di 11 Kecamatan yang ada di Kota Manado.

Dalam presntasi ini dipaparkan Jumlah Sekolah (SD dan SMP), Jumlah Sekolah Negeri dan Swasta (SD dan SMP), Jumlah Murid (SD dan SMP), Jumlah Rombel (SD dan SMP), serta Jumlah Tenaga Pendidik (SD dan SMP) yang terdiri dari ASN dan tenaga honorer yang tersebar di 11 kecamatan yang ada di Kota Manado.

Berdasarkanh hasil penelitan yang dipaparkan, kita dapat melihat adanya ketidakseimbangan antara jumlah murid/jumlah rombel dibandingkan dengan jumlah tenaga pendidik yang ada di sekolah (SD dan SMP). Hal inilah yang menjadi salah satu factor yang menyebabkan ketidakefektivan proses belajar/mengajar yang ada di sekolah.
Setelah pemaparan oleh tim ahli, banyak saran, masukan juga koreksi yang disampaikan oleh Kepala-kepala Sekolah (SD dan SMP) yang hadir dalam FGD ini yang nantinya akan dirampungkan oleh tenaga ahli dalam menyusun Laporan/ Buku Kajian Kebutuhan dan Distribusi Tenaga Pendidik yang diharapkan bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya yang ada di Kota Manado. (Stand Lee)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *