Dirut Pasar Dampingi Wamendag Pantau Sejumlah Pasar Tradisional di Kota Manado

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Daily Manado.com – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Republik Indonesia, Jerry Sambuaga memantau pasar tradisional  serta memberikan sosialisasi, Jumat (13/12/2019)

Wamendag menerima banyak penawaran bahan sampai ikan yang dijual pedagang hampir semua yang menawarkan dibeli oleh Wamendag.

Jerry juga ada pedagang yang menawarkan menjual kepala babi yang besar, langsung membelinya. Banyak yang meminta berfoto sama Jerry walaupun, ia adalah asli orang Manado.

Agenda hari ini dari Wamendag, pertama peninjauan pasar Pinasungkulan, selesai dari pasar menuju Golden Swalayan dan Multi Mart di Wenang. Selesai disitu, langsung menuju pasar bersehati untuk peninjauan dan sosialisasi perundingan perdagangan internasional.

Jerry mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi agenda dari kementrian Republik Indonesia. “Ini kunjungan yang rutin kami lakukan dari pusat, untuk mencek harga dan stok di pasar khususnya di Sulut,” kata Jerry.

Lanjutnya, kunjungan ini secara intensif kita lakukan, apalagi Natal dan menjelang Tahun Baru.”Untuk harga memang ada yang sempat tinggi menjelang hari Natal, tetapi hari ini kita cek harganya sudah kembali normal,”tambah Jerry.

Ia juga katakan, untuk ketersediaan bahan tidak ada masalah dan aman. “Kita apresiasi teman-teman dari BI, Bulog, dan juga dari provinsi, memastikan untuk stok menjelang natal dan tahun baru cukup,” tutupnya.

Kementerian Perdagangan memberi perhatian khusus pada dinamika yang berlangsung di Pasar Bersehati, Calaca, Kota Manado.
Atas atensi tersebut, Dirut PD Pasar Manado, Stenly Suwuh menyampaikan terima kasih. “Ini suatu kebanggaan untuk itu saya ucapkan terima kasih Pak Jerry Sambuaga,” kata Stenly.

Dia menyampaikan apresiasinya tersebut menyusul kehadiran Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dr Jerry Sambuaga di Pasar Bersehati. Jerry langsung menilik pasar tradisional ini untuk mensosialisasikan penataan dan pembinaan pedagang pasar rakyat serta perundingan nasional di Kota Manado.

Wamendag sejak pagi melalukan pengecekan serta operasi sejumlah pasar di sekitar Manado. Jerry pula memantau ketersediaan komoditas barang dan juga stabilitas harga jelang perayaan Natal dan Tahun Baru. “Kenapa kami lakukan ini, karena merupakan salah satu program rutin yang memang menjadi rutinitas khususnya dalam menyambut hari-hari besar keagaaman, apalagi menyambut Natal dan Tahun Baru yang akan datang kurang lebih dari 14 hari lagi,” sebut Jerry di hadapan penghuni pasar.

“Setelah kami pantau dan kami lihat, memang relatif stabil harganya, walaupun ada kenaikkan beberapa produk, yang penting ketersediaan dan stok aman,” ungkap Wamendag.

Terkait kunjungan Jerry Sambuaga ke Pasar Bersehati, menurut Stenly Suwuh untuk meninjau harga menjelang Natal dan Tahun Baru.“Kunjungan Wamen ke Pasar Bersehati ini pertama untuk meninjau harga pasar, karena sebelumnya seperti tomat harganya agak tinggi, tapi sekarang sudah stabil dan terjangkau,” katanya.

Diungkap oleh dirinya lonjakkan harga biasanya karena ada penimbunan oleh oknum yang ingin meraup keuntungan lebih besar.“Ada penampung yang mengumpulkan bahan hasil petani, sehingga barang kelihatan kurang otomatis harga naik,” ujarnya.

Suwuh menambahkan kunjungan wamen sangat positif bagi PD Pasar dalam mengatasi inflasi. “Kunjungan wamen ini sangat positif bagi kami, apa yang menjadi kekurangan di pasar kami bisa atasi, bisa kerjasama dengan BI dan pemerintah provinsi dalam mengatasi inflasi,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *