PD Pasar Rutin Awasi Keamanan Pangan di Pasar Tradisional

  • Whatsapp
KPU Tomohon

 

Daily Manado.com- Ibukota propinsi Sulawesi Utara,


Kota Manado merupakan daerah sentra perdagangan berbagai pangan segar yang dijual di pasar swalayan dan pasar tradisional.

Untuk memastikan para konsumen mendapatkan pangan segar yang berkualitas, maka Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pangan melakukan inspeksi mendadak di sejumlah pasar tradisional. Sekaligus melakukan pengujian kualitas buah dan sayur yang dijual.

“Kami mengambil sampel dan melakukan rapid test untuk menguji ada atau tidak indikasi mengandung pestisida dan cemaran berbahaya lainnya seperti formalin,” ujar Kepala Dinas Pangan M Nainggolan, Rabu (13/02/2020).

Dia menjelaskan, selain rapid test, juga dilakukan pengamatan secara visual terhadap pangan segar asal tumbuhan dan jika ditemukan buah dan sayuran yang tidak layak langsung dilakukan penindakan penyitaan barang yang tidak layak dijual.

“Pemerintah selalu memastikan semua pangan segar asal tumbuhan yang beredar di pasar tradisional dan swalayan aman untuk di konsumsi masyarakat,” kata Nainggolan.

Sementara itu, Dirut PD Pasar Stenly Suwuh menambahkan, pihaknya juga secara rutin mengawasi keamanan pangan untuk menjamin keamanan konsumsi masyarakat Kota Manado yang diatur dalam Undang-undang Pangan Nomor 18 tahun 2012.

“Sebagai kota tujuan pariwisata pangan berkualitas akan mencerminkan budaya hidup sehat di Kota Manado. Di dua pasar besar di Manado yakni Bersehati dan Pinasungkulan, ada tim yang ditugaskan mengecek kualitas pangan agar aman dikonsumsi warga selaku konsumen,” tandasnya Suwuh.

(Stand lee)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *