Dispar Manado Dorong Peningkatan Turis Domestik

 

 

 

 

 

 

Kadispar kota Manado Drs Lenda Pelealu,MSi

 

Daily Manado.com-Berbagai cara dilakukan oleh sejumlah hotel untuk bertahan ditengah pandemi Covid-19, hal ini agar tetap beroperasi dan menghasilkan. Satu diantaranya adalah dengan menawarkan diskon 40 sampai hingga 50 persen dilakukan pihak hotel guna mencari cara meningkatkan kunjungan yang saat ini anjlok akibat virus corona (covid 19).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado, Dra Lenda Pelealu MSi, Jumat, (13/03/2020) saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan selain hot deals sampai setengah harga, pihak hotel juga ada yang menawarkan paket lainnya seperti building dengan penerbangan. “Mewabahnya  virus corona yang masif di Cina sejak akhir Desember lalu, telah memukul industri pariwisata di Manado juga,” terangnya.

Kadispar Lenda mencatat, Kota Manado kehilangan potensi kunjungan wisata asing atau wisman mencapai hampir 90 persen. “Kami kehilangan 90 persen karena sebagian besar turis kami dari Cina. Kalau mau dibilang terdampak, ya kami sangat terdampak dan terpuruk,” ujar wanita enerjik ini.

Sebagai solusi, Kadispar Lenda menjelaskan kalau Pemkot Manado saat ini tengah berupaya untuk membidik kunjungan turis dari negara lain, misalnya Eropa dan Amerika. “Kami mendorong peningkatan pergerakan turis domestik.
Ihwal potensi kerugian yang diderita, pemerintah provinsi saat ini sedang melakukan perhitungan dengan pelaku pariwisata
,” jelasnya.

Diketahui, jumlah wisman yang mengunjungi Manado tercatat sebesar 132 ribu orang. Angka ini naik dari tahun sebelumnya sebesar 6,54 persen. Adapun dari total kunjungan wisman, jumlah turis dari Cina mencapai 116.144.

Sementara itu, jumlah hotel bintang dua hingga lima di Sulawesi Utara secara keseluruhan berjumlah 35 unit. Jumlah kamar yang disediakan oleh 35 hotel itu sebanyak 3.235.kamar.

Pos terkait