Aktifitas Gunung Lokon Meningkat, Pemerintah Imbau Warga Berhati-hati

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Tomohon – Aktivitas Gunung Lokon di Kota Tomohon masuk status waspada, Rabu (15/4/2020).

Devy Kamil Syahbana Kasubbid Mitigasi Gunungapi Wilayah Timur, mengatakan dalam beberapa hari terakhir ini teramati adanya peningkatan aktivitas Gunung Lokon.

Karena itu, potensi/peluang untuk terjadinya erupsi meningkat. Erupsi dapat terjadi kapan saja meskipun tidak dapat dipastikan kejadiannya.
“Untuk saat ini Status Gunung Lokon masih tetap di Level II (Waspada), di mana direkomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat dan pendaki di radius 1,5 km dari Kawah Tompaluan,” terang Devy.

Lanjut Devy mohon agar tidak ada pendaki maupun aktivitas masyarakat di dalam radius bahaya tersebut. Dalam dua minggu terakhir ini aktivitas Gunung Lokon mengalami kecenderungan penigkatan.

“Aktivitas yang ditandai dengan munculnya gempa-gempa vulkanik maupun embusan. Peningkatan ini berarti bahwa kecenderungam untuk erupsi juga meningkat, meskipun begitu, kejadian erupsi tidak dapat dipastikan,” kata Devy.

“Untuk Volvano Observatory Notice for Aviation (VONA) terkirim dengan kode warna Yellow, yang artinya bahwa ada peningkatan aktivitas gunung api. Yang perlu diwaspadai karena jika terjadi erupsi dapat menghasilkan abu vulkanik yang bisa mengganggu penerbangan,” tambahnya.

Adanya aktifitas gunung lokon saat ini, maka Pemerintah Kota Tomohon menghimbau kepada masyarakat yang melakukan aktifitas di dekat kawah gunung lokon harus berhati-hati, dan kalaupun ada instruksi untuk tidak melakukan aktifitas, harus mengikutinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.(Tya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *