Tidak Ada Penambahan PDP Positif di Kota Tomohon

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Tonohon – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Kota Tomohon menjelaskan dimana sejak Kamis (7/5/20) malam atau pukul 21.50 Wita, tidak ada penambahan Pasien Dalam Pengawasan di Kota Tomohon.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tomohon Yelly Potuh, SS mengataka,Tidak ada perubahan tetap tercatat 6 orang dengan rincian 1 orang sembuh, 1 orang meninggal dunia dan 4 orang sedang dirawat di rumah sakit. Dengan sebaran pasien 4 orang dari Kecamatan Tomohon Tengah dan 2 orang dari Kecamatan Tomohon Selatan, dan PDP sampai saat ini bertambah 4 orang.

Dijelaskan Potuh, untuk pasien pertama yaitu perempuan 80 tahun dari Kecamatan Tomohon Tengah saat ini sedang dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Kota Tomohon dengan hasil pemeriksaan rapid test non reaktif dan swab test sedang ditunggu.

Begitupun dengan pasien laki-laki 72 tahun dari Kecamatan Tomohon Tengah saat ini sedang dirawat juga di salah satu rumah sakit swasta yang ada di Kota Tomohon, dengan hasil Rappid Test non reaktif, masih menunggu hasil Swab Test.(Tya)

Ada pula pasien Laki-laki 30 tahun dari Kecamatan Tomohon Selatan, dirawat di salah satu rumah sakit swasta di kota Tomohon dengan hasil pemeriksaan rapid test non reaktif dan sejak Selasa 5 Mei 2028, dinyatakan sudah tidak termasuk dalam kriteria PDP lagi.

Ditambahkan Yelly, ada pasien perempuan berusia 72 tahun, dari Kecamatan Tomohon Selatan, masuk salah satu rumah sakit swasta di Kota Tomohon pada hari Selasa tanggal 5 Mei 2020 dengan hasil pemeriksaan rapid test dan swab test sedang kita tunggu.

Adapub kabar baik turut muncul, dimana 1 orang pasien perempuan 77 tahun dari Kecamatan Tomohon Timur yang sebelumnya terlapor sebagai PDP dinyatakan sudah tidak termasuk kriteria PDP lagi.

Saat ini dilaporkan pasien sudah pulang ke rumah dan terhadap pasien tidak dilakukan pemeriksaan rapid maupun swab test,” ungkap Yelly menambahkan turut juga 1 orang perempuan 29 tahun dari Kecamatan Tomohon Barat dilaporkan sudah diizinkan pulang ke rumah.

“Pasien tersebut diminta melakukan isolasi Mandiri yang dipantau oleh Puskesmas setempat. Karena setelah dilakukan dua kali pemeriksaan rapid test hasilnya non reaktif dan foto kontrol sudah dinyatakan baik dan hasil pemeriksaan spesimen swab test sedang ditunggu,” tambahnya.

Selain itu, turut juga 1 PDP bayi laki-laki yang berumur 4 bulan dari Kecamatan Tomohon Selatan sudah dilaporkan sembuh.

“Pasien keluar rumah sakit hari Rabu 6 Mei 2020 dengan hasil 2 kali swab test dan dinyatakan negatif atau bukan Covid-19,” katanya lagi.

Untuk itu sesuai kesimpulan yang dirangkum jumlah PDP di kota Tomohon setelah diakumulasikan berjumlah 33 orang dengan 6 orang masih dalan perawatan.

“Sebarannya 3 orang berasal Kecamatan Tomohon Selatan, 1 orang Kecamatan Tomohon barat, 2 dari Kecamatan Tomohon tengah. Lalu 2 orang dirawat di RSUD kota Tomohon, 1 Orang dirawat di RS Prof Kandou, 3 Orang dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Kota Tomohon,” terangnya.

Adapun untuk PDP Meninggal dunia yang hasil pemeriksaan swab test sedang ditunggu yaitu 7 orang.

Dengan sebaran 4 orang dari Kecamatan Tomohon Utara, 1 orang Kecamatan Tomohon Timur, 1 orang Kecamatan Tomohon Tengah, 1 orang Kecamatan Tomohon Selatan.

Selanjutnya PDP meninggal dunia dengan hasil tes negatif bukan Covid-19, yaitu 5 orang tersebar dari tiga kecamatan yakni 1 orang Kecamatan Tomohon Utara, 1 orang Kecamatan Tomohon Tengah, 3 orang Kecamatan Tomohon Selatan.

Untuk PDP dengan hasil pemeriksaan swab test negatif bukan Covid-19 yaitu berjumlah 9 orang dengan sebaran 4 orang Kecamatan Tomohon Selatan, 3 orang Kecamatan Tomohon Tengah, 1 orang Kecamatan Tomohon Timur, 1 orang Kecamatan Tomohon barat.

Sementara itu, untuk terlapor PDP sebelumnya dan kemudian dinyatakan sudah tidak termasuk kriteria PDP lagi berjumlah 6 orang, 2 orang Kecamatan Tomohon Utara, 1 orang Kecamatan Tomohon tengah, 1 orang Kecamatan Tomohon Barat, 1 orang Kecamatan Tomohon Timur, 1 orang Kecamatan Tomohon Selatan.

Pelaku perjalanan di Kota Tomohon sebanyak 1357 orang dan yang selesai dipantau 1282 orang, serta orang dalam pemantauan (ODP) yakni 16 orang, sedangkan hasil tracking sampai hari ini terjadi peningkatan menjadi 385, dengan hasil rapid test reaktif.

Sedangkan berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test sampai dengan hari ini bertambah 1 orang yang memiliki hasil rapid test reaktif yaitu dari Kecamatan Tomohon Selatan dengan total pemeriksaan rapid test reaktif menjadi 17 orang, 9 orang Kecamatan Tomohon Tengah, 5 orang Kecamatan Tomohon Selatan, 2 orang Kecamatan Tomohon Utara dan 1 orang Kecamatan Tomohon barat.(Tya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *