Ketua KPU Bersama PPDP Lakukan Coklit di Rumah Walikota Tomohon Eman

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Tomohon – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon Drs. Harryanto Lasut, MAP mendampingi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mendatangi rumah Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak.CA untuk melakukan Pencocokan dan Penilitian (Coklit) pada, Sabtu (18/7/20).

Menurut Ketua KPU Tomohon Lasut, dimana Coklit ini dilakukan untuk data pemilih dalam rangka Pilkada tahun 2020 yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut serta Walikota dan Wakil Walikota Tomohon pada bulan Desember mendatang.

Lasut menambahkan, Coklit adalah kegiatan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan KPU melalui PPDP, yakni dengan menemui secara langsung para pemilih dengan meminta data Kartu Keluarga ataupun KTP pemilih disetiap Keluarga, dan hasil Coklit nantinya akan menjadi acuan KPU dalam menyusun daftar pemilih Pilkada.

“Petugas Pemutkhiran Data Pemilih disetiap Kelurahan sesuai dengan peraturan KPU tentang tahapan dan program, proses Coklit sudah dimulai pada 15 juli hingga 13 agustus nanti, dan sudah sementara dilaksanakan,” ujar Lasut.

Sementara untuk hari ini Sabtu (18/7/2020) merupakan pelaksanaan Coklit Nasional, maka dari itu sesuai instruksi edaran, pihak kami KPU menghubungi pejabat-pejabat daerah untuk dilakukan Coklit termasuk Walikota Tomohon.

Pihak KPU Kota Tomohon pun berterima kasih kepada Walikota Tomohon yang sudah menerima dengan baik para petugas dan sudah mencatatkan sebagai calon pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember 2020 nanti.

Untuk pemilih di Keluarga Eman-Mokoginta, masuk pada pemilih di TPS satu Kelurahan Paslaten satu yang disahkan dengan penempelan stiker tanda bukti Coklit, Model A.A.2. KWK.

“Apabila masyarakat ada kesulitan dalam mengecek sudah terdaftar atau tidak, dulunya kita menunggu penempelan data pemilih di tempat umum, kini sistem teknologi atau sistem online, bisa dicek di website situs lindungihakpilihmu tentunya memasukan data nama, alamat yang jelas sesuai KTP.
Jadi intinya masyarakat dipermudah dalam pengecekan, walaupun secara manual proses itu tetap akan dijalankan,” tutup Ketua KPU Tomohon.

Walikota Tomohon Eman mengatakan, sebagai Pemerintah Kota Tomohon mendukung penuh akan pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah yang akan digelar desember 2020, yang diselenggarakan oleh KPU.

“Kepada masyarakat Kota Tomohon, kami mengajak agar dapat menggunakan kesempatan ini dengan memberikan data lewat proses pemutakhiran data pemilih sehingga di tanggal 9 desember nanti dapat menggunakan hak pilihnya,” ungkap Eman.

Eman pula berharap sebagai masyarakat harus bersama-sama dapat mensosialisasikan Coklit yang dilakukan oleh para PPDP sehingga pemutakhiran data ini berjalan sukses, dan berharap dalam Pilkada tahun ini, rekor partisipasi masyarakat dalam memilih yang dinyatakan tertinggi di Sulawesi Utara pada waktu lalu, dapat dipertahankan.

Eman menjelaskan, di Kota Tomohon saat ini ada kurang lebih 76 ribu pemilih yang terdata di KPU yang sementara di Coklit oleh PPDP, dan ditengah pandemi Covid 19, kaitan pelaksanaan tugas dari PPDP yang turun langsung dirumah-rumah penduduk, tentunya Pemkot melalui Dinas Kesehatan bersama KPU telah melakukan koordinasi dalam pelaksanaannya yakni dalam melakukan Coklit, para petugas harus mengutamakan protokol kesehatan, dan memakai atribut KPU.

PPDP sebelumnya juga telah melalui pemeriksaan kesehatan, telah dilakukan rapid test dan tentunya dengan hasil non reaktif.

Disamping itu pula masyarakat juga berhak menanyakan berupa surat tugas dari KPU kepada para PPDP, karena hal ini dapat memastikan apakah benar-benar ditugaskan oleh KPU atau bukan.(Tya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *