Meminimalisir Pelanggaran, Bawaslu Minta Dukungan Tokoh Agama

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Tomohon – Untuk menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Walikota 9 Desember 2020 dengan kesalahan atau pelanggaran yang minim, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Tomohon meminta dukungan para tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Pada Hari Rabu (5/8/20) bertempat di Grand Master Hotel Kakaskasen Satu Tomohon Utara, dilaksanakan Sosialisasi Tatap Muka Dalam Rangka Pengawasan Pemiloihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon dengan menghadirkan opera tokoh masyarakat dalam hal ini pemuda dan tokoh agama.

Ketua Bawaslu Tomohon Deisy Soputan , S.Pd.M.Hum saat membuka kegiatan mengatakan, Pilkada 2020 harus berkualitas dan minim pelanggaran.

‘’Demi mewujudkan hal tersebut, kami butuh dukungan dan peran dari para tokoh masyarakat, pemuda dan tokoh agama karena berhadapan langsung dengan masyarakat, sekaligus mengedukasi masyarakat tentang Pilkada,’’ ungkap Soputan.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar lembaga Bawaslu Tomohon Irvan Dokal, SH mengatakan, menjadi kendala dan tantangan tersendiri para penyelenggaran Pilkada di tengah Pandemi Covid-19. Sesuai temuan para pengawas, ada masyarakat yang sama sekali tidak mebnerima tamu, kendati akan dilakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih. Begitu juga dengan Verifikasi Faktual (Verfak) untuk Bakal Pasangan Calon Perseorangan.

Ditambahkan Dokal, memang butuh bantuan dari para tokoh masyarakat dan tokoh agamademi suksesnya pesta demokrasi untuk memilih para pemimpin provinsi maupun Kota Tomohon.(Tya)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *