Awasi Tahapan Pilkada, Bawaslu Tomohon Gandeng Tokoh Agama

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Tomohon – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tomohon menggandeng tokoh agama dan tokoh pemuda untuk melakukan pengawasan tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) serta Pemilihan Wali Kota (Pilwako) 9 Desember nanti.

Ketua Bawaslu Tomohon Deisy Soputan, SPd.MHum, saat menggelar Sosialisasi Perwakilan Tokoh Agama dan Pemuda di Kota Tomohon, di Grand Master Resort, Rabu (5/8/20) mengatakan, peran pemuda dan tokoh agama sangat penting untuk mengawasi proses pemilihan kepala daerah (Pilkada), agar tercipta Pilkada yang berkualitas dan berintegritas.

Soputan menambahkan, memberikan masukan, usulan bahkan laporan terhadap tahapan Pilkada, dan berharap setiap tokoh agama dan tokoh pemuda dapat memberi edukasi ke masyarakat agar Pilkada dapat berlangsung aktif dan sesuai aturan.

Sementara itu, Koordinator Divisi (Kordiv) pengawasan, hubungan masyarakat dan antar lembaga Bawaslu Kota Tomohon Irvan Dokal SH mengakui, kalau dominan masyarakat masih sungkan untuk melaporkan bila terjadi pelanggaran Pilkada.

Lanjut Dokal, Pola pikir dari masyarakat ini yang perlu dirubah agar nantinya menciptakan Pilkada yang demokratis dan jujur.

Koordinator Komite Pemilih Indonesia (KPI) Jeirry Sumampow mengatakan, penyelenggara Pemilu memiliki tantangan besar untuk meningkatkan tingkat partisipasi pemilih di tengah pandemi Covid-19.

Sumampow pula menjelaskan, dimana Penyelenggaran Pemilu harus siap dan patuh dengan menggunakan alat pelindung diri saat tahapan Pilkada.(Tya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *