Bawaslu Tomohon Ikuti Rakor Penyelesaian Sengketa Pilkada

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Tomohon – Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar rapat koordinasi (Rakor) penyelesaian sengketa penetapan bakal calon/pasangan calon kepala daerah pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, 9 Desember nanti.

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung tiga hari, Rabu (12/8/20) hingga Jumat (14/8/20) Agustus di salah satu hotel di Desa Tateli, dibuka Ketua Bawaslu Sulut Dr Herwyn Malonda, didampingi koordinator divisi penyelesaian sengketa Bawaslu Sulut Awaluddin Umbolla.

Koordinator divisi hukum, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa Bawaslu Tomohon Steven Linu SS MAP mengatakan, rakor tersebut untuk menyamakan persepsi kepada Bawaslu kabupaten/kota terkait penyelesaian sengketa pada Pilkada serentak 2020.

Linu menjelaskan Bawaslu mendapat penguatan terkait majelis musyawarah dan kewenangannya tentang tata cara penyelesaian sengketa, dimana dalam Pilkada memiliki potensi sengketa menyangkut pemuktahiran data pemilih dan dapat berimbas pada berubah – ubahnya Data Pemilih Tettap (DPT).

“Saat pencalonan dari partai politik, kepengurusan partai ganda, administrasi calon yang diajukan, Pembekalan ini sangat pentin, apabila nantinya ada sengketa, dan Bawaslu Tomohon dapat menyelesaikan sesuai dengan mekanisme dan aturan,” ujar Linu.

Sementara, sebagai langkah pencegahan dan pengawasan kata Linu, perlu pengkondisian untuk menyamakan persepsi dan membaca potensi sengketa yang akan terjadi dengan Bawaslu kabupaten/kota.(Tya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *