Dua ASN Dilapor Bawaslu ke KASN

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Tomohon – Pelaksanaan tahapan Pilkada di Kota Tomohon ada beberapa kasus pelanggaran Pilkada yang dilakuakn oleh oknum ASN, paslanya pihak Bawaslu Kota Tomohon sendiri tak henti-hentinya mengingatkan, komitmen netralitas dan profesionalisme ASN di tengah pesta demokrasi.

Ketua Bawaslu Kota Tomohon Deisy Soputan mengatakan, pihaknya kini tengah menangani dugaan pelanggaran dua oknum ASN.

“Benar, saat ini kita tengah menangani dua kasus dugaan pelanggaran netralitas ASN,” ujar Soputan,

Soputan menjelaskan, kedua ASN yang diduga terlibat politik praktis, di masa penyelenggaraan Pilkada, berasal dari laporan masyarakat kepada Bawaslu Tomohon.

“Literasi dan sosialisasi terus digiatkan. Agar ASN tahu batasan dan sikap yang harus dilakukan, di masa Pilkada seperti sekarang. Prinsipnya kita (Bawaslu, red) hanya bersifat melaporkan dugaan pelanggaran tersebut ke KASN. Sementara berproses,” jelas Soputan.

Lanjut Soputan, sudah ada dua kasus dugaan pelanggaran yang dilakukan ASN, laporan yang diterima ini sementara proses pengkajian.

Soputan menambahkan, meski dalam penindakan dari Bawaslu hanya berupa rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), namun pihaknya serius terhadap pelanggaran netralitas ASN.

“Oleh karena itu kami ingatkan kembali bagi ASN untuk netral dalam Pilkada 2020. Ada sanksi yang akan diberikan oleh KASN, mulai dari sanksi ringan, sedang hingga sanksi berat berupa pemecatan,” tegas Soputan.

Soputan mengimbau kepada masyarakat, untuk bersama-sama dengan Bawaslu, melakukan supervisi dan pelaporan jika benar ditemukan adanya indikasi pelanggaran.

“Jumlah personel kita terbatas. Perlu pengawasan partisipatif holistik seluruh pihak. Mari bersama ciptakan Pilkada berkualitas dan berintegritas,” pungkas Soputan.(Tya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *