Walikota Tomohon Hadiri Muscab Gerakan Pramuka

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Tomohon – Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak.CA menghadiri pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kota Tomohon tahun 2020, bertempat di Anugerah Hall Tomohon, Jumat (11/9/20).

Kegiatan ini Dihadiri Ketua Tim Kerja Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kota Tomohon tahun 2020 Drs. Daniel Pontonuwu, Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tomohon Kak Fargo Tular bersama seluruh jajaran pengurus, dan Pengurus Ranting se-Kota Tomohon.

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak, CA mengatakan, Esensi musyawarah cabang sebagaimana kita ketahui bersama adalah wadah untuk menentukan arah kebijakan organisasi Gerakan Pramuka di tingkat cabang lewat program kerja sekaligus wadah konstitusional untuk memilih kepengurusan yang baru di Kwarcab Kota Tomohon. Dengan demikian besar harapan kami pemerintah Kota Tomohon agar musyawarah cabang Gerakan Pramuka saat ini, dapat menyusun program kerja yang baik dan menjawab kebutuhan segenap anggota Gerakan Pramuka di Kota Tomohon. Sekaligus juga dapat memilih dan menyusun kepengurusan yang baru, yang bisa melaksanakan arah kebijakan dan program kerja Kwarcab.

Ditambahkan Eman, sebagaimana di ketahui bersama bahwa Kota Tomohon pernah menjadi barometer kemajuan pembinaan Kepramukaan di Sulawesi Utara.

“Saya selaku Walikota yang adalah juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka di Kota Tomohon, menaruh harapan besar kepada kakak-kakak sekalian yang nantinya dipercayakan sebagai pengurus Kwarcab masa bakti 2020-2025 untuk mengembalikan masa-masa terbaik tersebut,” ujar Eman.

“Yakinlah kita dapat bersama-sama membuat dunia ini lebih baik disaat kita meninggalkannya, sebagaimana pesan bapak Pandu Dunia Lord Baden Powell,” ungkap Walikota Tomohon.

Tema Gerakan Pramuka tahun 2020 adalah “Partisipasi Pramuka dalam membantu penanganan Covid-19”. Tema ini merupakan perwujudan dari semangat para Pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bangsa Indonesia bahkan di seluruh dunia. Meski dalam pandemi, Gerakan Pramuka tidak boleh kendur dan tetap semangat dalam upaya membina generasi muda serta melakukan inovasi-inovasi baru. Pramuka harus selalu peduli terhadap masyarakat sekitar, peduli terhadap kepentingan sesama dan harus saling membantu dalam menyelesaikan masalah bersama.

Gerakan Pramuka harus diarahkan pada pemantapan gerakan untuk memperkuat karakter bangsa. “Karakter dan watak bangsa yang unggul akan mampu mempertahankan nilai-nilai bangsa. Pemantapan tersebut dilakukan pada 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Pemerintah berharap, melalui Gerakan Pramuka ini dapat melahirkan pemimpin di masa yang akan datang. Tentu kami menyambut baik digelarnya Musyawarah Cabang Pramuka. hal ini menandakan mekanisme organisasi telah berjalan baik.(Tya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *