Walikota Tomohon Buka Rakor Sistem Informasi Pembangunan Daerah

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Tomohon – Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak.CA membuka kegiatan Rapat Koordinask Sistem Informasi Pembangunan Daerah (E-Database) Kota Tomohon Tahun 2020, yang dilakukan secara Virtual/Zoom Meeting, bertempat di ruang kerja Walikota Kelurahan Paslaten Tomohon, Selasa (15/9/20).

Sebagai Narasumber yakni, Direktorat Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Harry Irawan, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, MSc.
DIhadiri Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Drs. Daniel Pontonuwu.

Kegiatan ini diikuti peserta dari
Tim kerja pengelola SIPD (E-database), Kasubag perencanaan se-Kota Tomohon
Para staf/operator aplikasi SIPD.

Maksud dan tujuan rakor ini adalah Menyediakan data/informasi pemerintahan daerah meliputi informasi pembangunan daerah yang dikelola dalam suatu Sistem Informasi (SIPD) berdasarkan Permendagri nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah.

Tujuan kegiatan ini adalah
1. Meningkatkan kualitas perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah melalui penguatan data dan informasi pembangunan daerah yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggungjawabkan;
2. Mengoptimalkan pengumpulan, pengisian, evaluasi serta pemanfaatan data dan informasi pembangunan daerah melalui sistem informasi pembangunan daerah.
3. Meningkatkan keterisian data dan informasi pembangunan daerah.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak.CA dalam sambutannya mengatakan.
di dalam informasi pembangunan daerah terdapat data perencanaan, analisis dan profil, serta informasi perencanaan pembangunan daerah, yang kini semuanya telah dituangkan ke dalam satu aplikasi berbasis web yaitu aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Permasalahan yang sering dihadapi saat ini yaitu keberadaan data dan informasi masih tersebar di perangkat daerah tidak dilakukan pembaharuan (updating) terhadap data dan informasi yang dimaksud, aplikasi ini diperuntukkan bagi seluruh Pemerintah Daerah ProVinsi hingga Kabupaten/Kota seluruh Indonesia khususnya Pemerintah Kota Tomohon untuk mengumpulkan dan mengolah data pembangunan daerah yang selama ini masih tersebar di perangkat daerah dan sebagai salah satu sarana untuk memperkuat koordinasi antara Bapelitbangda dengan perangkat daerah yang berperan sebagai produsen data.(Tya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *