Bawaslu Tomohon Bersama Pihak Terkait Lakukan Penertiban APK

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Tomohon – Bawaslu Kota Tomohon komitmen menjalankan tugas pengawasan, untuk mewujudkan Pilkada yang berkualitas dan berintegritas.

“Berdasarkan hasil pengawasan langsung yang dilaksanakan terdapat 591 APK, berupa baliho dan spanduk yang di luar ketentuan Perundang-Undangan dan sudah di pasang sebelum penetapan Paslon di beberapa titik yang tersebar di lima kecamatan dan 44 Kelurahan yang ada di Kota Tomohon,” ujar Soputan.

Soputan menambahkan, pihaknya mengapresiasi seluruh Paslon, yang sebelumnya, telah berinisiatif untuk menurunkan APK yang masuk kategori, tidak sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

“Semua APK Paslon kita tertibkan, bahkan ada sebagian yang sudah diturunkan oleh Timses masing-masing, dan ini patut mendapat apresiasi, semoga kesadaran ini dapat terus dipertahankan oleh seluruh Paslon. Berkampanye lah sesuai aturan,” tukasnya, sembari menambahkan, sebelum melakukan penertiban bersama stakeholder terkait. Bawaslu Tomohon juga telah mengirimkan rekomendasi kepada KPUuntuk dilakukan penurunan APK sebagaimana yang diatur dalam PKPU 11 Tahun 2020,” ujar Soputan.

Seperti diketahui, dimana jumlah APK yang tidak sesuai ketentuan masing-masing Paslon Jilly Gabriella Eman dan Virgie Baker (JGE-VB) sebanyak 67 baliho dan 10 spanduk, Paslon Caroll J.A Senduk-Wenny Lumentut (CS-WL) sebanyak 290 baliho, Robert Pelealu-Franciscus Soekirno (RoSe) sebanyak 25 baliho. Dan sebanyak 199 bahan sosialisasi untuk calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulawesi Utara, turut ditertibkan supervisor Pilkada.(Tya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *