Lewat Upacara Adat, Mor Dominus Bastiaan Dikukuhkan Sebagai Panglima Tertinggi Brigade Santiago

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Daily Manado.com– Dalam upacara adat,  Mor Dominus Bastiaan (MOR) resmi dikukuhkan menjadi Panglima Tertinggi Brigade Santiago bertempat di kantor Sekretariat Mor-HJP Kairagi Manado, Sabtu (14/11/2020).

Dalam upacara Pengukuhan yang berlangsung khusuk ini diawali penjemputan secara adat kepada MOR yang disampingi Calon Wakil Walikota Manado Hanny Joost Pajouw dan Anggota DPRD Manado Bobby Daud, dan dilanjutkan di dalam bangsal dilakukan lewat upacara adat oleh tua-tua adat Nusa Utara, dihadapan Panglima Brigade Santiago Daniel Aling SH., MH, serta pengurus Brigade Santiago dan pengurus Kulano Manado.

Dalam sambutannya, Aling mengatakan sejak Hengky Baramuli meninggal dunia belum ada sosok yang ditunjuk tua-tua adat menjadi Panglima Tertinggi Brigade Santiago.

“Tapi kemudian setelah lama menunggu akhirnya kami boleh bersyukur setelah tua-tua adat menyatakan bahwa pengganti bapak Hengky Baramuli adalah pak Mor Dominus Bastiaan. Dan hari ini pak Mot dikukuhkan tua-tua adat menjadi Panglima Tertinggi dan kami Brigade Santiago menyambut dengan suka cita,” ujar Aling

Ia mengatakan, MOR merupakan sosok yang tepat untuk jabatan sebagai Panglima tertinggi Brigade Santiago.

“Apalagi pak Mor memiliki titisan dari Raja Sanger (Nusa Utara, red) yakni Raja Bastiaan,” jelasnya.

Mor Dominus Bastiaan didampingi Anggota DPRD kota Manado Bobby Daud (Kanan) 

Ia pun mengajak seluruh pengurus dan anggota Brigade Santiago dan bahkan seluruh masyarakat Nusa Utara di Sulawesi Utara dan khususnya Kota Manado untuk bersatu di bawah komando MOR selaku Panglima Tertinggi.

“Mari semua rapatkan barisan. Kita punya Panglima Tertinggi yang baru pak Mor Dominus Bastiaan. Kita bersatu di bawah komando Panglima Tertinggi,” tukasnya seraya mengatakan pengukuhan MOR bukan kepentingan politik tapi kepentingan warga Nusa Utara dan masyarakat pada umumnya.

Mor saat diwawancarai oleh para wartawan

Sementara itu, MOR dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ini.

“Ini bukan hanya soal pengukuhan, bukan cuma soal Ceremonial, tapi soal tanggungjawab. Kita bertanggungjawab bukan hanya diri kita masing-masing, bukan hanya untuk masyarakat Nusa Utara, tapi untuk semua warga kota Manado dan Provinsi Sulawesi Utara, untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan,” pinta MOR yang juga adalah Calon Walikota Manado ini.

Pelantikan pengurus Kulano Manado

Dalam kesempatan itu juga dilantik pengurus Brigade Santiago atau Kulano Manado oleh Panglima Brigade Santiago Daniel Aling SH., MH.

“Setelah pelantikan Kulano Manado ini langsung melakukan konsolidasi ke tingkat kecamatan, kelurahan bahkan lingkungan,” tandasnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *