Walikota G.S Vicky Lumentut Hadiri Munas Apeksi, Presiden Jokowi Tegaskan Pandemi Belum Berakhir, Kita Tetap Bekerja Keras

 

Walikota Manado G.S Vicky Lumentut hadiri Musyawarah Nasional  (Munas) Apeksi di Istana Negara Jakarta, Kamis (11/02/2021)

 

Daily Manado.Com, JAKARTA – Walikota Manado, DR. Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, selaku Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Apeksi, yang dibuka, Presiden RI Joko Widodo. Acara yang mengusung tema “Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Penanganan dan Pascapandemi Covid-19” tersebut digelar secara terbatas dan virtual di Istana Negara, Jakarta, Kamis, (11/02), serta dihadiri oleh para peserta melalui konferensi video.

Presiden RI  Ir.Joko Widodo

Presiden, dalam kesempatan tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah kota di seluruh Indonesia yang telah bersama-sama bergerak untuk menangani pandemi Covid-19 beserta dampak yang ditimbulkannya. Namun, Presiden mengingatkan bahwa tugas tersebut belumlah usai.
“Saya ingin tegaskan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Kita tetap harus bekerja keras. Kita juga harus semakin detail untuk menemukan cara-cara baru dalam mengatasi permasalahan dan bahkan memanfaatkan kondisi krisis ini untuk meraih kemajuan yang signifikan,” ujar Jokowi.


Sementara itu, disela-sela kegiatan Munas Apeksi, Walikota menyampaikan penegasan dan arahan Presiden dapat terus dilakukan di lapangan terkait sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tersebut terkait tata cara penanggulangan penyebaran covid 19 di daerah masing-masing.
“Perintah Pak Presiden kepada seluruh Walikota se Indonesia agar terus bekerja dalam menghentikan penularan covid 19 di daerah masing-masing,” ucap Walikota G.S Vicky Lumentut.


Walikota yang juga Mantan Ketua Apeksi tersebut mengatakan, seluruh jajaran pemerintah kota se Indonesia wajib mengsosialisasikan kepada masyarakat tentang betapa pentingnya penerapan 3M dan 3T secara disiplin. “Lalukan lockdown skala mikro ( kelurahan atau RT/RW) dibantu TNI/Polri, pastikan pembangian masker kepada masyarakat tetap dilaksanakan selama masa pandemi,” ucap Walikota sesuai penegasan yang disampaikan langsung Presiden Joko Widodo.
Tidak hanya itu, Presiden juga memastikan agar seluruh walikota se Indonesia tetap melanjutkan pemberian vaksin yang sudah disiapkan pemerintah, serta ikut menyiapkan vaksinator di wilayah masing-masing.
“Pak Presiden juga mengingatkan agar manajemen pemberian vaksinasi dapat disiapkan daerah masing-masing. Rencanakan vaksin per kluster yang banyak berinterkasi orang, misalnya pasar dan fasilitas publik lainnya,” urai Walikota mengutip penagasan yang disampaikan Jokowi tersebut.


Jokowi juga mengingatkan agar seluruh walikota tetap menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta ikut memperbanyak kegiatan padat karya di daerah seperti pembuatan jalan, rehabilitasi gedung serta fasilitas lainnya yang diharapkan dapat membantu ketahanan pangan di daerah masing-masing.

“Dari pelaksanaan munas Apeksi di Jakarta, saya menyampaikan salam sehat untuk kita semua jangan lupa menerapkan pola hidup sehat, dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan ,” pesan Walikota

Pos terkait