Wouw., Gaji Pala di Kota Manado Naik Rp 5 juta/bulan, Kinerja Harus di Tingkatkan

Daily Manado.com – Di kota Manado memiliki sebanyak 504 Kepala Lingkungan (Pala) yang tersebar di 12 Kecamatan serta 87 Kelurahan boleh bernapas lega. Karena ditahun 2021 ini, gaji pala yang dulunya bulan Rp 3,5 juta/bulan kini naik menjadi Rp 5 juta/bulan.

Alhasil, akibat kenaikan gaji Kepala Lingkungan ini , membuat banyak warga yang ber KTP Manado berlomba lomba ingin melamar menjadi Kepala Lingkungan (Pala) di Wilayah yang mereka tempati.

“Kita suka jadi Pala, karena dorang pe gaji so jadi Rp 5 Juta,” ucap Herry warga di Kelurahan Teling bawah.
Kenaikan gaji Kepala Lingkungan inipun, ikut dibenarkan oleh sejumlah Kepala Lingkungan yang Wilayah kerjanya ada di Kelurahan Sindulang, Wawonasa dan Sumompo tatkala ditemui wartawan media online ini.
“Kita dapat info memang torang pe gaji so nae. Ini menjadi pertanda bagus bagi kami untuk terus bekerja sebagai pelayan masyarakat,” ungkap mereka.

Menyikapi kenaikan gaji Kepala Lingkungan (Pala) itu, Sekretaris Kota (Sekot) Mickler Lakat SH,MH didampingi Kepala Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jhonly Evans Tamaka membenarkan adanya kenaikan gaji Kepala Lingkungan tersebut .

” Kenaikan gaji Kepala Lingkungan sudah tertata didalam APBD 2021 selama satu tahun anggaran ini. Dan sudah mendapat persetujuan Dewan Kota Manado,” ucap Sekretaris Kota Mickler Lakat SH,MH.

Lebih jauh kata Lakat, kenaikan gaji ini harus dibarengi dengan peningkatan kinerja. Dimana seluruh Kepala Lingkungan harus bekerja ekstra keras dengan selalu memperhatikan kondisi Wilayah yang ia tempati serta selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Gaji naik otomatis kinerja mereka harus ditingkatkan,” tegas Mantan Asisten Satu Pemkot Manado ini.

Diapun menambahkan, bagi Kepala Lingkungan (Pala) yang sudah terpilih, sangat diharapkan juga lebih peka dan peduli dengan kepentingan masyarakat.

“Jangan sampai ada yang suka mabuk mabukan dan Bahugel. Kalau ditemukan ada seperti itu maka dengan sendirinya akan diberikan punisment sampai pada pemecatan,” pungkasnya .

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Xaverius Runtuwene menambahkan , 504 Kepala Lingkungan sudah terpilih dan telah mengantongi SK Walikota tertanggal 5 Januari 2021.

Pos terkait