Kemenkumham Tolak Hasil KLB Demokrat, Ketua DPD Demokrat Sulut Yakin Kebenaran Dipihak Partai Demokrat AHY

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

 

Daily Manado.com – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly menyatakan pemerintah menolak mengesahkan kepengurusan DPP Partai Demokrat periode 2021-2025 hasil Kongres Luar Biasa Deli Serdang atau KLB Demokrat dengan Ketua Umum Moeldoko.

Alasannya, kata Yasonna, dari hasil pemeriksaan dan atau verifikasi terhadap seluruh kelengkapan dokumen fisik sebagaimana yang dipersyaratkan, masih ada beberapa kelengkapan yang belum dipenuhi persyaratannya.

“Dalam dokumen yang belum dilengkapi antara lain perwakilan dewan, perwakilan daerah dan dewan perwakilan cabang tidak disertai mandat Ketua DPD dan DPC,” ujar Yasonna dalam konferensi pers daring, Rabu, (31/03/2021)

Dengan demikian, Yasonna Laoly menegaskan bahwa pemerintah menyatakan permohonan pengesahan hasil KLB Demokrat di Deli Serdang tanggal 5 Maret 2021, ditolak.

Sehingga, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat ini masih merupakan Ketua Umum Demokrat yang sah merujuk SK Menteri Hukum dan HAM tahun 2020. Sedangkan Moeldoko, Ketua Umum hasil KLB Deli Serdang, Sumatera Utara dinyatakan tidak sah.

“Kalau ada perselisihan, itu urusan pengadilan, karena dari AD/ART yang diberikan kepada kami yang disahkan kepengurusannya tahun lalu Pak AHY,” ujar Yasonna.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Utara Mor D Bastiaan menyampaikan bahwa kami dari awal berkeyakinan bahwa kebenaran dipihak kepada Partai Demokrat dibawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY) sebagai Ketua Umum. Karena AHY terpilih secara sah dalam Kongres V di Jakarta, sehingga bisa menakhodai Partai Demokrat.

“Saya mengajak kepada seluruh kader dan simpatisan yang tetap setia dengan Kepemimpinan AHY agar tidak perlu untuk terlalu bereforia dengan Hasil Keputusan ini, namun kita tetap saja rendah hati dan mengucap syukur kepada Tuhan.

Selain itu kita mempersiapkan diri untuk menghadapi Pemilu akan datang sebaik mungkin.

Dengan adanya tantangan seperti ini justru membuat Partai Demokrat semakin solid dibawah kepemimpinan AHY.

Ditambahkannya sangat berterima kasih juga kepada Pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi yang dapat menegakkan kebenaran serta dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa Pemerintahan saat ini adalah pemerintahan yang masih dapat dipercaya, tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *