Wawali Mor Bastiaan Didampingi Sekda Lakat Ikuti Pengarahan Presiden RI Kepada Kepala Daerah Se- Indonesia Secara Virtual

Wawali Manado Mor D.Bastiaan bersama Sekda Micler C.S Lakat 

 

Daily Manado com – Wakil Walikota Manado Mor D. Bastiaan didampingi Sekertaris Daerah Micler C.S Lakat mengikuti Pengerahan Presiden Republik Indonesia (RI) kepada Kepala Daerah Se-Indonesia Tahun 2021 yang digelar secara Virtual, Bertempat di Pendopo Kantor Walikota Manado, Rabu (28/04/2021).

Joko Widodo Presiden Republik Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan dua arahan penting yaitu pertama terkait dengan penanganan Covid-19.

“Jadi mencermati perkembangan terakhir ini bisa berkaca pada  peristiwa yang terjadi di India, yakni berkaitan dengan Covid-19 dan ekonomi,” ujar Presiden yang dikutip Sekda Micler CS Lakat.

“Di India di bulan Oktober November dan Januari berhasil menurunkan curvanya dan kuncinya adalah mikro lockdown. Sehingga kita adopsi di tempat kita menjadi PPKM skala mikro, saat itu di India berhasil menurunkan 10.000 kasus perhari,” jelas Lakat.

Kata dia, pihaknya harus berhati hati terkait dengan libur panjang dan juga dalam rangka hari raya Idul Fitri khususnya berkaitan dengan mudik lebaran.

Untuk itu pihaknya meminta agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, jangan sekali kali melanggar protokol kesehatan.

“Tetap memperhatikan protokol kesehatan, jangan berkerumunan, tetap jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan lainnya,”ujar Sekda.
Ditambahkan  Lakat, Presiden meminta  kepada pemerintah dan Forkopimda daerah selalu mengecek, mengendalikan dan mengawasi Vaksinasi.

Sampai pada tanggal 27 April Presiden mengatakan bahwa di Indonesia vaksin sudah diberikan kepada 29 juta orang dan target sampai dengan juli 2021 70 juta orang.

“Tentunya juga pemerintah Daerah sama sama membantu mengawasi. Vaksin ini secara gratis,” ujarnya

Selanjutnya Presiden menyampaikan berkaitan dengan ekonomi dan melihat kondisi yang sekarang yang kita kerjakan dapat menekan lajunya penyebaran harian kasus Covid-19.

“Bulan Maret dan April ini sudah kelihatan ekonomi sudah hampir menuju pada kondisi normal, sehingga target kita secara nasional di Tahun 2021 ini target pertumbuhan ekonomi kita 4,5 sampai dengan 5,5 persen itu bisa kita capai dan itu dimulai sangat tergantung pada pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua Tahun 2021,” terang Micler Lakat.

Menurut Lakat khususnya untuk di kota Manado terkait dengan pemulihan ekonomi kebijakan Pemerintah Kota dan Forkopimda telah membuka UMK juga kegiatan pusat pusat perbelanjaan dari pagi hingga jam 10 malam, juga tempat permainan anak anak akan segera di buka.

“Pemerintah dan Forkopimda juga sudah mengambil langkah untuk mengangkat kembali sentra sentra pelaku usaha perekonomian rakyat ada ditangan mereka dan tentunya investasi dalam pemulihan ekonomi Pak Presiden minta supaya terkait dengan perizinan jangan di persulit dan jangan lambat,” ucap Lakat.

Turut hadir Kajari, Dandim, Danpomal, Kapolres dan para Asisten Pemerintah kota (Pemkot)  Manado.

Pos terkait