Ketua TP-PKK Kota Manado Irene Angouw Pinontoan Canangkan Deklarasi Stop BABS di Kecamatan Tuminting

  • Whatsapp

Daily Manado.com – Ketua TP-PKK Kota Manado, Irene Angouw-Pinontoan mencanangkan deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Kecamatan Tuminting, Kamis (28/07/2022) bertempat di SDN 47 Kelurahan Sumompo.

Kepala Dinas Kesehatan kota Manado Steven Dandel di dampingi Sekertaris Dinas dr Mariny Kapojos, mengatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan program nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

“Yang terpenting adanya perubahan perilaku dari masyarakat harus ada tindakan yang membuat perubahan perilaku hidup sehat,” ujar Dandel.

Ini merupakan sebagai awal dari upaya Kota Manado yang akan mengikuti penilaian Kabupaten/Kota Sehat.

“Salah satu syaratnya 87 kelurahan di Kota Manado sudah harus mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan,” tutup Dandel.

Sementara itu Camat Tuminting, Reyn Heydemans mengatakan deklarasi Stop BABS sebagai komitmen pemerintah di kecamatan Tuminting untuk menjadikan masyarakat sadar akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kalau kita tidak Buang Air Besar Sembarangan, maka air kita bersih, lingkungan kita bersih,” ujar Camat Heydemans yang mengatakan deklarasi ini juga dirangkaikan dengan Launching Warung Sampah di kelurahan Sumompo

Deklarasi Stop BABS dibacakan para lurah se-kecamatan Tumintimg sekaligus penandatanganan komitmen dari setiap lurah.

Kegiatan ini juga dihadiri Sekretaris PKK Kota Manado, dr Merry Sualang-Mawardi dan anggota DPRD Kota Manado, Herry Kolondam beserta lurah dan ketua-ketua PKK Kelurahan Se-Kecamatan Tuminting.  (Lee)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *