Walikota Manado Lantik Merry Mawardi Sebagai Ketua Forum Kota Sehat

Daily Manado.com – Walikota Manado Andrei Angouw melantik Forum Kota Sehat Kota Manado Tahun 2022 di Aula Serbaguna Pemerintah Kota Manado. Acara ini dirangkaikan dengan Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan di 87 Kelurahan dan 11 Kecamatan di Kota Manado, Kamis, (15/09-2022) pagi tadi.
Sebagai Pengarah Forum Kota Sehat adalah Walikota, Wakil Walikota Manado dan Ketua DPRD Kota Manado, Penanggujawab Sekretaris Pemerintah Kota dan Ketua TP PKK Kota Manado serta Ketua Forum Kota Sehat yang dijabat oleh dr. Merry Sualang Mawardi.
Kegiatan dilanjutkan dengan Pembacaan Naskah Pantikan yang disampaikan oleh Walikota Manado yang menandai Pelantikan secara resmi Forum Kota Sehat Kota Manado serta Pengurus Tim Pembina Kota Sehat Kota Manado 2022. Kemudian dilanjutkan Pembacaan Ikrar Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan oleh Walikota Manado yang diikuti seluruh Camat se Kota Manado dan dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara Forum Kota Sehat, Tim Pembina Kota Sehat serta Stop Buang Air Besar Sembarangan.
Acara dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan dari Walikota Manado didampingi Ketua TP PKK Kepada Kecamatan yang telah melaksanakan Program Stop BABS dengan baik. Walikota Angouw ketika memberikan sambutan menyampaikan selamat bekerja kepada pengurus yang baru saja dilantik. “Setiap organisasi pasti ada semangatnya,” kata Walikota diawal sambutannya.

“Kita harus bisa bersaing dengan daerah lainnya. Supaya bisa bersaing, masyarakat kita harus sehat,”ujar Walikota Manado.

Walikota Angouw menambahkan, bahwa Kota Manado diharapkan maju dan berkembang dan salah satu parameternya adalah bahwa kota kita harus sehat dan nyaman ditinggali. Ia juga mewarning tentang sampah yang masih menghiasi Kota Manado. Menurut Walikota diciptakan budaya dan hidup sehat dengan cara berani menegur jika ada yang kencing apalagi Buang Air Besar Sembarangan, yang punya wilayah seperti para Camat agar memberdayakan para Lurah dan ketua lingkungan, “tegas Walikota.
Walikota Angouw menambahkan bahwa hal ini perlu sosialisasi dan sekali lagi harus ada ketegasan dilapangan. Imunisasi juga menjadi perhatian Walikota untuk dicek dilapangan sebab imuninasi membentengi anak-anak dari penyakit supaya kota ini bisa sehat, bisa maju dan masyatakatnya sejahtera.
Sebelumnya laporan kegiatan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr. Steven Dandel dan dilanjutkan dengan pembacaan Tim Pembina Kota Sehat serta Pembentukan Forum Kota Sehat Kota Manado yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Manado dr.Mariny Kapojos. Acara dilanjutkan dengan seremoni deklarasi stop BABS yang ditandai dengan penekanan tombol oleh Walikota Manado Andrei Angouw.
Hadir dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Kota Manado Irene Angouw Pinontoan, Sekretaris TP PKK dr. Merry Sualang Mawardi yang dilantik sebagai Ketua Forum Kota Sehat, Sekot Manado Dr. Micler C.S. Lakat S.H., para Asisten, Kepala SKPD, Anggota DPRD Kota Manado, para Camat, Tim Pembina Kota Sehat dan undangan lainnya.  (Lee)

Pos terkait