Stenly Tamo : Harus Klarifikasi ke BPS, Pernyataan E2L ke Walikota Manado Dinilai Salah Alamat

DAILY MANADO. COM – TerkaitĀ  Pernyataan Bupati Talaud Elly E Lasut (E2L) yang diunggah di media sosial dimana salah satu poinnya yaitu meminta Walikota Manado Andrei Angouw (AA) untuk menyampaikan permohonan maaf ke warga Talaud, setelah viral soal Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita Talaud, ditanggapi staf khusus Stenly Tamo SH.

Staf Khusus Pemerintah Kota Manado ini menyebut pernyataan E2L yang ditujukan kepada Walikota Manado, salah alamat dan terkesan seperti memprovokasi warga.

“Kenapa minta klarifikasi pada Walikota Manado tentang itu, ini saja sudah keliru. Apa yang disampaikan Walikota Manado berdasarkan data yang dikeluarkan BPS,” ujarnya.

Pria berdarah Talaud ini juga menyayangkan penyampaian E2L terkait PDRB ada jenis-jenisnya. Sebab, pernyataan itu dinilai hanya mengelabui saja.

Dia pun menjelaskan bahwa yang disampaikan Wali Kota Manado itu adalah PDRB per kapita.

“Dan bukan PDRB komponen yang lain seperti yang dijelaskan Bupati Talaud. Jadi, janganlah mengelabui. Kan data sudah ada. Saya juga orang Talaud. Statistik itu pasti tak berbohong dengan data,” tandasnya.

Untuk itu, dirinya pun menyarankan Bupati Talaud meminta klarifikasi ke Badan Pusat Statistik (BPS). Bukan kepada Walikota Manado.

“Kan sebenarnya data yang dikeluarkan BPS ini sudah ada di masing-masing pemerintahan daerah. Masa BPS keluarkan data untuk menjatuhkan. Kan tak mungkin tapi malahan untuk menggenjot pembangunan ekonomi di daerah masing-masing,” sebutnya.

Untuk itu ditambahkannya, tak masuk akal kalau meminta klarifikasi ke Walikota Manado soal PDRB tersebut. Malah dia menegaskan harusnya Bupati Talaud menjadikan hal ini sebagai sebuah pelajaran untuk melakukan pembenahan.

“Mungkin musti harus lebih banyak belajar. Memangnya Pemerintah Manado yang buat data itu. Kan BPS yang buat. Jadi, Pemerintah Talaud baiknya berfokus saja untuk menggenjot pembangunan ekonomi,” tutupnya.

Walikota Manado Andrei Angouw sendiri sudah melakukan klarifikasi atas pernyataannya tersebut saat diundang Pengurus DPP Musyawah Kemasyarakatan Talaud (MUKAT). Pada kesempatan itu, dihadapan para pimpinan organisasi terbesar di Talaud Angouw menjelaskan tidak ada niat sedikitpun untuk melakukan penghinaan apalagi menyakiti perasaan warga Talaud, MUKAT sendiripun sudah mengeluarkan pendapat dimana menerima klarifikasi Walikota Manado dengan harapan untuk kebaikan Talaud kedepan.

 

Pos terkait