Pernyataan Terkini Walikota Andrei Angouw Terkait Penanganan Kebakaran di TPA Sumompo

  • Whatsapp

DAILY MANADO. COM  – Pemerintah Kota Manado terus melakukan upaya untuk menangani kebakaran yang terjadi di TPA Sumompo. Hal tersebut ungkapkan Walikota Manado, Andrei Angouw ketika kembali melakukan tinjauan di TPA Sumompo, Jumat (06/10/2023).

Walikota Andrei Angouw menjelaskan, kondisi terakhir TPA Sumompo pasca terjadi kebakaran pada Minggu (01/10/2023).
“Saya mau mengupdate keadaan di TPA Sumompo ini yang terbakar, yang terbakar sejak Minggu (01/10/2023). Pemerintah Kota Manado terus berupaya menangani kebakaran yang terjadi di TPA Sumompo ini,” ucap Angouw.

Pemerintah Kota Manado mengapresiasi semua bantuan yang telah diterima untuk menangani kebakaran TPA Sumompo. “Terima kasih atas bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Kota Bitung, kabupaten Minahasa Utara, Kota Tomohon, kepada TNI /Polri dan Kementerian Lingkungan Hidup, PUPR dan seluruh pihak yang telah membantu. Pemerintah Kota Manado akan menangani masalah kebakaran ini secepat mungkin, ” ucapnya.

Pemerintah Kota Manado berjanji akan secepatnya mengatasi masalah kebakaran di TPA Sumompo.
“Kami berharap tidak perlu panik, Pemkot Manado akan menangani ini sampai tuntas. Kami juga sudah berkoordinasi dengan BNPB, karena saat ini cuaca memang sangat kering, tidak ada perkiraan cuaca hujan akan turun di Sumompo dalam waktu dekat ini. Kami sedang berkoordinasi dengan BNPB untuk dilakukan water boombing,” ucapnya.

Pemerintah Kota Manado berharap masyarakat tetap tenang dan tidak panik, karena pemerintah terus melakukan upaya untuk menangani kebakaran TPA Sumompo.
“Saya harap masyarakat tetap tenang, tidak perlu panik, Pemerintah Kota Manado terus menangani dan akan menangani kebakaran di TPA Sumompo ini sampai tuntas,” tukasnya.

Sementara itu Wakil Walikota Manado, dr. Richard Sualang saat mengunjungi TPA Sumompo bersama Staf Ahli Menteri Bidang Energi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Prof. Dr. Haruni Krisnawati, S.Hut., M.Si mengatakan pemadaman di TPA Sumompo mengalami peningkatan.
“Kita bersyukur upaya untuk melakukan pemadaman di TPA Sumompo terus ada perkembangan. Seperti yang kita lihat, memadamkan api ini tidak mudah. Namun kami Pemerintah Kota Manado terus berupaya berikhtiar. Dan hari ini juga turut membantu dari TNI Polri,” ungkap Wawali Richard Sualang.

Sualang yang merupakan seorang dokter ini mengatakan pemerintah terus berusaha meminimalisir agar asap yang dikeluarkan dari kebakaran itu tidak mengangu kesehatan.
“Karena ini masih pemukiman penduduk, jadi kami berusaha meminimalisir dari asap ini. Dengan melakukan pembagian masker ke warga. Terutama kepada anak-anak, kami menjaga agar jangan sampai anak-anak ini terkena ISPA,” tambahnya.

Dirinya juga mengimbau masyarakat yang ada di pemukiman agar untuk saat ini menggunakan masker.
“Kami disini juga menyediakan puskesmas keliling. Dan kami suruh monitor. Jika ada masyarakat yang sudah merasakan gangguan kesehatan agar supaya segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan yang sudah disediakan,” katanya. (Lee)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *