Gerakan #Masadepan Peringati Hari Pahlawan Menggelar Aksi Bersih Kampung dan Sosialisasi Bank Sampah

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Gerakan #masadepan Peringati hari Pahlawan di warnai dengan aksi bersih bersih kampung dan sosialisasi Bank Sampah

Daily Manado – Dalam rangka menperingati hari pahlawan, gerakan #masadepan menggelar aksi turun ke kampung. Aksi turun kekampung ini juga diwarnai dengan aksi bersih-bersih kampung dan sosialisasi Bank Sampah oleh Marlon Kamagi.

Kegiatan ini dilaksanakan di pinggir sungai di lingkungan 2, Titiwungen Selatan atau dikenal sebagai Kampung Sanger di kelurahan Sario.

“Kepahlawanan era kekinian adalah memecahkan masalah kekinian. Salah satu masalah kekinian adalah pelestarian lingkungan dan penyelamatan bumi. Pengelolaan Sampah adalah salah satu cara menjaga lingkungan tapi sampah tidak bisa dipandang hanya sebagai sesuatu yang harus dibuang, sampah itu bisa didaur sehingga tidak menumpuk di TPA. Jika sampah terus menumpuk di TPA maka itu akan memicu masalah baru” terang Duta Sumolang, koordinator gerakan #masadepan.

“Melalui gerakan turun kekampung, selain membuat pemuda dekat dengan persoalan warga juga memberi sentuhan baru dalam aksi-aksi sosial. Dalam kegiatan ini kita mencoba perspektif ekonomi dalam gerakan lingkungan karena jika dikelola dengan bijak sampah akan memberikan nilai tambah ekonomi, ini juga salah satu agenda program ekonomi kreatif kita di Gerakan #masadepan, membentuk simpul-simpul masyarakat yang melakukan pemberdayaan berbasis pengelolaan sampah sehingga berdaya nilai ekonomi”, tegas Franko C Wangko, inisiator gerakan #masadepan.

“Pemilihan tempat acara dipinggir sungai juga bukan tanpa alasan, sungai adalah perlambang peradaban masyarakat kita,merepresentasikan peradaban kita, menjaga sungai adalah menjaga peradaban. Dengan membuat sungai dan laut kita bersih sehingga membuat kota Manado menjadi lebih indah dan menarik untuk dikunjungi, itu akan memberikan dampak tidak langsung terhadap pariwisata dan peningkatan ekonomi warga. Inilah kepahlawanan kita para millenials” tegas Franko.

Selaku koordinator acara juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Green Community, Kawan Peduli Bumi, Komunitas Mahasiswa Lani Jaya-Papua dan Bapak Marlon Kamagi. Pada kesempatan ini juga dikukuhkan sebagai koordinator Bank Sampah #masadepan dilingkungan dua kelurahan titiwungen selatan kecamatan Sario. (Stand-Lee)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *