BI Corner Hadir di SMA Negeri 1 Ratahan

Daily Manado.com – Sebagai dukungan serta semangat meningkatkan minat baca dan menulis di kalangan pelajar, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) merealisasikan BI Corner di SMAN 1 Ratahan, Minahasa Tenggara.

Pada peresmian tersebut, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulut, Soekowardojo mengatakan keberadaan BI Corner bertujuan untuk mencetak anak bangsa yang unggul, kompeten, dan berwawasan luas.
“Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku maka wawasan kita akan luas,” tukasnya di SMAN 1 Ratahan, Kamis (17/1/2019).

Kebiasaan membaca secara rutin dan terus-menerus, sebut Soekowardojo memberikan manfaat  bagi pelajar. Terutama membangun intuisi dan memperkaya perspektif serta gagasan baru sebagai bekal bagi adik-adik untuk menghadapi tantangan di keesokan hari.
“Infrastruktur sarana dan prasarana BI Corner ini, untuk mendukung akses pelajar. Sekaligus sebagai literatur referensi sangat penting,  dalam memperluas wawasan untuk membangun karakter calon pemimpin bangsa yang kompeten, inovatif, dan unggul dalam berbagai bidang yang talentful,” tandasnya.

Program bantuan Pojok Baca Bank Indonesia atau yang disebut sebagai BI Corner, sambung Soekowaedojo, merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia yang selama lebih dari 3 tahun telah disebarkan ke seluruh pelosok Indonesia, termasuk di wilayah Provinsi Sulut. “Hingga kini, tercatat kami telah menyerahkan bantuan BI Corner ke 7 universitas dan 2 sekolah menengah di Sulut,” tukasnya.

Selain itu, BI juga memberikan bantuan dengan meningkatkan jumlah universitas dan sekolah menengah penerima manfaat BI Corner di Sulut sebagai bentuk nyata komitmen dan kontribusi Bank Indonesia terhadap kemajuan pendidikan sumber daya manusia di daerah, dengan pemberian beasiswa.

Lebih jauh, Soekowardojo juga mengedukasi siswa tentang kebanksentralan, di mana BI memiliki otoritas mengatur sektor moneter, menugaskan Peruri untuk mencetak dan mengedarkan uang sesuai perundangan. Bahkan otoritas, sistem pembayaran dan stabilitas keuangan.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Ratahan, Very Wantah menyampaikan terima kasih atas kepedulian BI.
“Kita bersyukur menerima berkat dari BI. Ini sebagai bentuk kepedulian BI yang menjadikan SMAN 1 Ratahan sebagai salah satu titik menyalurkan bantuan. Kami berharap BI juga dapat memperhatikan kemajuan pendidikan di sekolah kami secara berkesinambungan,” tukasnya.

Diketahui, titik-titik BI Corner di Sulut per 2019, Universitas Sam Ratulangi Manado, Universitas Negeri Manado, Minahasa, Institut Agama Islam Negeri Manado, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Petra Bitung, Politeknik Nusa Utara Sangihe, Universitas Klabat Manado, Universitas De La Salle Manado, SMA Negeri 1 Ratahan Mitra, SMA Negeri 1 Pinogaluman Bolmut. (Rogin)

Pos terkait