Kaban Linny, Tegaskan Program Prioritas Pembangunan

Daily Manado.com – Kepala Bapelitbang Kota Manado, Dr. Liny Tambajong mengatakan penyusunan program dan kegiatan perangkat daerah dalam penyusunan Renja PD harus disusun berdasarkan prioritas pembangunan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kaban Liny saat memberi arahan dan menyampaikan materi pada kegiatan verifikasi rancangan renja yang dilaksanakan pada Rabu (27/03) di Ruang Rapat DPRD Kota Manado.

Program prioritas RKPD Kota Manado 2020 pertama peningkatan kualitas layanan pariwisata, penegakan upaya mitigasi dan adaptasi bencana, peningkatan layanan infrastruktur dasar perkotaan, dan terakhir peningkatan layanan sosial.

Selain itu, Kaban Liny juga mengatakan bahwa perangkat daerah harus menguasai indikator-indikator kinerja utama dalam RPJMD.

“Dalam RPJMD terdapat IKU yang berjumlah 44 indikator, perangkat daerah yang hadir saat ini harus tahu bahwa ada indikator yang harus dicapai oleh masing-masing PD.”

“Tantangan yang dihadapi oleh Pemkot Manado yaitu masih kurangnya pemahaman perangkat daerah terkait indikator-indikator RPJMD yang harus dicapai melalui program dan kegiatan”. jelas Kaban Liny.

Menurutnya, dengan adanya Revisi RPJMD tahun ini, merupakan kesempatan yang baik bagi SKPD untuk dapat merumuskan dan menguasai dengan sebaik-baiknya indikator yang harus dicapai oleh Perangkat Daerah.

“Ini sudah tahun ke-3 dan memasuki tahun ke-4 RPJMD, melalui Bapelitbang Pemkot Manado sedang melakukan revisi RPJMD, nanti kami akan melaksanakan Forum RPJMD, kami harapkan kepala PD dan kasub program agar hadir untuk membahas indikator-indikator mereka.” ujar Kaban Liny

Lanjutnya Kota Manado menghadapi 3 permasalahan utama yaitu banjir/longsor, sampah, dan macet. Harap Kaban Liny perangkat daerah yang terkait permasalahan ini dapat menyerap dengan mencari program dan kegiatan yang dapat mengurangi permasalahan tersebut. (Stand-lee)

Pos terkait