Kaban Liny Hadiri Rakor Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Daily Manado.com– Kepala Bapelitbangda Kota Manado, Liny Tambajong didampingi Kabid PIPW Bapelitbang, Olvi Mangindaan mewakili Pemerintah Kota Manado menghadiri rapat koordinasi (rakor) Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019 yang digelar Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, di Jakarta Rabu (12/6/2019).

Pemkot Manado menjadi salah satu peserta rakor ini setelah sebelumnya aplikasi Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA) yang dikelola Bapelitbang Kota Manado masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019. Dimana secara garis besar, PANADA merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai informasi dalam bentuk peta, diantaranya; data kepemilikan tanah, kependudukan, pajak dan berbagai informasi lainnya.

Kaban Liny Tambajong yang dikonfirmasi mengatakan pihak dari Kota Manado akan mempresentasikan tentang inovasi aplikasi PANADA dan juga akan ada penilaian tentang kelayakan dari inovasi ini untuk masuk di top 45 dan kemudian top 99.
“Tim Kota Manado dipimpin oleh pak Walikota harus presentasikan inovasi PANADA dan diwsawancara di Kemenpan RB. Sesuai jadwal di antara tanggal 2-17 Juli, 99 peserta akan dipanggil ke Jakarta. Kemudian panitia akan mengadakan kunjungan lapangan untuk menentukan kelayakan masuk Top 45. Kemudian dari Top 45 akan disaring menjadi top 9 dan akan diikutkan pada lomba tingkat dunia,” ungkap Kaban Liny.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB menjelaskan bahwa Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) sudah digelar sejak tahun 2014. Dan pada tahun 2019 diikuti oleh 331 Instansi. Dalam KIPP 2019 ini terjadi beberapa kejutan, antara lain tampilnya beberapa Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang sebelumnya absen dan langsung masuk dalam jajaran Top 99. Dan tema kompetisi tahun ini adalah “Inovasi Pelayanan Publik sebagai Perwujudan Percepatan Reformasi Birokrasi dan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *