Bapelitbang Bahas Cara Kerja PANADA TANTE IVA

  • Whatsapp
KPU Tomohon


Daily Manado.com-Aplikasi PANADA TANTE IVA merupakan pengembangan aplikasi PANADA yang dikelola Pemkot Manado melalui Bapelitbangda.
Lewat aplikasi ini nantinya data wanita usia subur (WUS) yang telah melakukan tes iva akan diketahui.

Tes IVA adalah cara untuk mendeteksi dini kanker leher rahim bagi wanita sehingga nantinya bisa dicegah atau mendapatkan penanganan lebih dini.

Untuk mengisi dan menginput data WUS yang telah mengikuti tes iva ini ke APLIKASI PANADA TANTE IVA, nantinya akan dilakukan operator dari tiap Pemerintah kecamatan di Kota Manado.
Untuk itu, Bapelitbang Kota Manado melakukan rapat bersama camat, lurah, pengurus TP-PKK dan operator kecamatan.

Lewat rapat ini pihak Bapelitbang memberikan panduan cara login dan menginput data WUS yang telah mengikuti tes iva di aplikasi ini.
“Datanya dari pihak Puskesmas diberikan kepada pihak kecamatan, yang menginput nanti dari operator kecamatan. Jadi nanti lewat aplikasi ini akan diketahui berapa banyak wanita usia subur yang telah melakukan tes iva,” jelas Kaban Bapelitbang, Liny Tambajong melalui Kabid PIPW Bapelitbang, Olvi Mandagi.
Dilanjutkannya, diharapkan instansi terkait juga dapat terus mensosialisasikan pentingnya tes iva ini sebagai upaya deteksi dini dan penanganan kanker leher rahim.
PANADA TANTE IVA sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan Bapelitbang Kota Manado bekerjasama dengan TP-PKK Kota Manado.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *