Walikota Eman Hadiri Presentasi Karya (Showcase) IKKON BEKRAF

Tomohon – Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak, CA menghadiri dan menyaksikan Presentasi Karya (Showcase) IKKON BEKRAF dengan Judul “I Yayat U Santi The Story of Minahasa’s Highland Warrior”. Bertempat di Amphitheater Woloan, Rabu (11/09/19).

Hadir pada kegiatan ini, Mentor Tim IKKON Tomohon Robert Antonius, Sutradara I Yayat U Santi : The Story of Minahasa’s Highland Warrior Otniel Tasman, Budayawan, Tokoh Masyarakat, Tokoh adat dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Sebelumnya Sambutan Walikota dibacakan oleh Asisten Umum Sekretaris Daerah Kota Tomohon Dra. Lily Solang, MM yang juga membuka kegiatan ini mengatakan :Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi memberikan dampak positif dan negatif dalam sendi kehidupan bangsa.

Globalisasi ini, nampaknya telah merubah wajah dan prilaku anak-anak negeri yang lebih memilih budaya asing untuk mereka banggakan.

Kegiatan yang dilaksanakan saat ini merupakan sebuah karya yang sangat kreatif dan memberikan dampak positif terhadap pelestarian budaya daerah khususnya di Kota Tomohon.

Camat Tomohon Barat Drs. Laurensius Kawuwung selaku tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini bersyukur dan berterima kasih karena menjadi tempat pelaksanaan kegiatan ini. Karena Pelestarian budaya sangatlah penting khususnya budaya lokal.

Manfaat melestarikan budaya lokal, yaitu:
1. Dengan melestarikan budaya lokal bermanfaat memperkaya kebudayaan nasional sehingga keanekaragaman budaya kita semakin unik dan kian berwarna;
2. Lestarinya budaya lokal setiap daerah akan menarik lebih banyak lagi wisatawan mancanegara karena mereka tertarik untuk mempelajari sekaligus menikmati sebagai studi, sosologi, seni, dan budaya daerah;
3. Seni budaya merupakan produk kreatif manusia sehingga dapat menambah daftar referensi untuk mengembangkan seni dan budaya baru yang lebih unik dan kreatif;
4. Menjaga agar kebudayaan daerah tidak punah

Usai kegiatan Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA mengajak kita sekalian untuk membiasakan diri dengan budaya yang ada di daerah kita seperti penggunaan pakaian adat, membiasakan penggunaan bahasa daerah (bahasa tombulu), penampilan tarian tarian tradisional dalam acara-acara resmi dan lainnya, sehingga Kota Tomohon menjadi kota yang berbudaya.

Atas nama pemerintah Kota Tomohon sangat mengapresiasi kegiatan ini yang merupakan sebuah karya kreatif yang dilakukan oleh tim IKKON (Inovasi dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara) badan ekonomi kreatif (BEKRAF).(Tya)

Pos terkait