Walikota Tomohon Pimpin Rakor Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah)

Tomohon – Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE AK CA menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) Kota Tomohon bertempat di Lantai 2 GOR Babe Palar, Rabu (25/09).

4 poin penting arahan Presiden Republik Indonesia Mengenai Pengendalian Karhutlah tanggal 6 Agustus 2019;
* deteksi dini harus terus dilakukan pencegahan yang tidak paling penting.
* jangan sampai sudah terjadi kebakaran besar baru mencari solusi, tanggap apabila menemukan titik api kecil dan tidak meremehkan adanya titik panas.
* penegakan hukum terhadap para pelaku pembakaran hutan dan lahan harus dilakukan tegas tanpa pandang bulu, baik perdata maupun pidana
* segera mungkin padamkan api
Lebih baik mencegah daripada mengesal kemudian.

Prediksi cuaca dari BMKG pada maret 2019 puncak musim Kemarau pasa bulan september, namun pada minggu ini telah turun hujan kita berharap akan terus bertahap sehingga mengurangi kekeringan dan resiko-resiko yang tidak kita inginkan.

Kepada masyarakat dihimbau jika meninggalkan rumah untuk dapat mengecek kembali kelistrikan ataupun juga berbagai hal yang berkaitan memicu api. Para petani pun untuk tidak membuat api/ membakar lahan, jikapun untuk keperluan penting untuk dapat diperhatikan sebelum pulang dari lahan garapan agar sumber api benar-benar padam. Jangan buang puntung rokok sembarangan.

Mencegah karhutlah Pemkot Tomohon membuat persiapan;
* menyusun SOP penanggulangan bencana karhutla
* melaksanakan rakor jajaran Pemkot bersama, TNI, Polri dan organisasi masyarakat terkait.
* melaksanakan sosialisasi pencegahan
* pembentukan satgas penanggulangan
*pembentukan posko siaga karhutlah
* penyiapan logistik dan peralatan.

Kepala BPBD Tomohon mengatakan,jumlah total kebakaran di Kota Tomohon yakni 50 diantaranya kebakaran lahan 27 terjadi di 21 titik, Kebakaran Bangunan 15 dan kebakaran selain lahan dan bangunan 8 serta kebakaran kendaraan roda empat.(Tya)

Pos terkait