15 Juli Serentak COKLIT di Minut

COKLITDAILYMANADO.COM – KPU Minahasa Utara (Minut) akan melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) terhadap data pemilih serentak yang dimulai pada tanggal 15 Juli 2020. Nantinya Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan mendatangi masing-masing rumah pemilih untuk melakukan pencocokan secara langsung berdasarkan data yang telah diolah oleh KPU sebelumnya.

Kadiv Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Minut Hendra Lumanauw mengatakan, nantinya akan ada petugas yang memakai atribut lengkap, tanda pengenal, dan APD yang akan mendatangi rumah-rumah penduduk.

“Oleh karena itu, masyarakat jangan takut dan mohon untuk dapat menerima petugas agar Bapak/Ibu masyarakat dapat melaksanakan hak memilih dengan nyaman dan tanpa hambatan,” ujar Kadiv Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat itu.

Kegiatan coklit penting agar ada keselarasan antara tempat tinggal pemilih dengan TPS terdekat dengan tempat tinggal pemilih. Manfaat lain dari kegiatan ini adalah agar nama-nama yang belum terdaftar dapat didata dan diinput agar data pemilih menjadi data terkini.

Sesuai dengan PKPU 5 Tahun 2020 tentang  Tahapan, Program, dan Jadwal Tahapan Pilkada, kegiatan Coklit ini akan dilakukan hingga tanggal 13 Agustus 2020. Nantinya setiap TPS akan memiliki satu PPDP. Total TPS yang ada di Kabupaten Minahasa Utara adalah 476 TPS.

Pos terkait