AA-RS Hadiri Rapat Paripurna DPRD Manado, Walikota Sampaikan Rancangan Nota Keuangan Perubahan APBD TA 2021

  • Whatsapp

DAILY MANADO.COM – Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Manado di Kantor DPRD Kota Manado jalan Pemuda nomor 6 Sario Utara. Senin (13/09) sore tadi.

Rapat Paripurna ini dalam rangka Pembicaraan Tingkat I terhadap Ranperda Perubahan APBD Kota Manado tahun anggaran 2021 serta Rapat Paripurna DPRD Kota Manado dalam rangka Pembicaraan (lanjutan) tingkat I untuk mendengarkan Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi atas Ranperda Perubahan APBD tahun anggaran 2021.

Rapat Parilurna ini dipimpin Ketua DPRD Kota Manado Dra. Altje Dondokambey M.Kes., Apt dan dihadiri oleh unsur pimpinan DPRD dan Anggota Dewan terhormat. Juga hadir Sekretaris Kota Manado Micler C.S. Lakat, pejabat eselon, Sekwan Zainal Abidin, unsur pers dan para undangan lainnya.

Setelah acara pembukaan yang dipimpin oleh Ketua DPRD dan pembacaan surat masuk oleh Sekretaris Dewan, selanjutnya Walikota menyampaikan rancangan nota keuangan Perubahan APBD tahun anggaran 2021.

Walikota menyampaikan gambaran Pendapatan Daerah yang terdiri dari PAD, pendapatan transfer, pendapatan daerah lain-lain yang sah yang semuanya terjadi penurunan. Juga terjadi penurunan tentang Belanja Daerah serta Belanja Modal, sementara yang terjadi kenaikan adalah Belanja tidak terduga sebab diperhadapkan dengan penangan Pandemi Covid 19.

Soal pembiayaan juga mengalami penurunan sehingga hal ini memberikan gambaran terhadap defisit APBD.

Walikota ikut menyampaikan rencana pinjaman ke pihak PT SMI serta pinjaman PEN Daerah ke Kementerian Keuangan yang sedang dalam proses.

Selesai sambutan Walikota, rapat paripurna di skors 30 menit untuk memberi waktu fraksi-fraksi untuk menyiapkan Pemandangan Umum mereka terhadap ranperda Perubahan APBD tahun anggaran 2021.

Setelah skors dibuka kembali, maka agenda selanjutnya adalah Pemandangan Umum fraksi-fraksi terhadap Ranperda Perubahan APBD tahun anggaran 2021.

Pemandangan umum fraksi-fraksi setelah dari hasil musyawarah forum rapat paripurna bersepakat untuk menyerahkan saja pemandangan umumnya yang artinya tidak dibacakan.

Mengingat situasi dan kondisi saat ini masih terkait dengan wabah Covid-19, sehingga rapat paripurna ini dilakukan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Bagi pejabat yang tidak hadir secara fisik, mengikuti rapat paripurna ini secara Online/Virtual yang dilakukan dengan menggunakan teknokogi Video Conference melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting yang diakses pada Handphone/Laptop dari tempat masing-masing.  (Lee)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *