Senator SBAN Liow Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Berbangsa dan Bernegara Bersama Insan Pers

DAILY MANADO. COM – Anggota DPD RI/ MPR RI Ir Stefanus BAN Liow, MAP menggelar sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara bersama insan pers di Kantor DPRD Sulut, Senin (24/07/2023).

Dalam acara sosialisasi sosok familiar dengan sapaan akrab Stefa ini menjelaskan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika adalah Empat pilar tiang penyangga tegaknya bangsa dan Negara Indonesia.

“Pedoman dasar bagi kita sebagai warga negara sekaligus pedoman bagi penyelenggara negara,” ucap Ketua Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD RI ini. Kata Liow, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan keragaman suku, bahasa, agama, adat istiadat serta banyak lagi keunikan yang ada di dalam bangsa Indonesia.

Jati diri kita adalah insan Pancasilais yang memahami konstitusi sebagai landasan berbangsa dan bernegara.

“Maka menjadi penguat kita semua adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan rasa toleransi dan penuh kesadaran bahwa perbedaan bukan persoalan tapi dipandang sebuah kekuatan dan keindahan laksana pelangi,” tutur suami tercinta dari Ir Miky Junita Linda Wenur MAP tersebut.

Anggota DPD RI / MPR RI Ir Stefanus BAN Liow, MAP 

Lagi kata Stefa, dirinya sangat yakin semua sudah sangat mencintai Indonesia dengan nasionalisme yang tersimpan dalam hati dan pemikiran semua.

Pancasila sudah final dan sangat sesuai dengan kondisi Keindonesiaan, maka keutuhan ini harus dirawat dan di pupuk dengan baik.

“Tantangan dan ancaman terus akan datang untuk merusak tatanan kebangsaan, maka tugas kita semua untuk menangkal paham-paham yang akan merusak NKRI,” tuturnya.

“Pancasila sudah teruji dan diakui oleh dunia, landasan ideologi kebangsaan yang sangat mengakomodir perbedaan yang dapat disatukan dengan paham berketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dan permusyawaratan perwakilan, keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia,” tandas Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM pada Periode 2014-2018.

Dirinya berharap apa yang disampaikan dapat bermanfaat dan dapat disampaikan minimal di lingkungan masyarakat sekitar dalam upaya membuat masyarakat paham terkait pengertian  4 Pilar Kebangsaan serta implementasinya.

Diketahui, Stefanus Liow duduk di Komite II DPD RI yang membidangi pengelolaan sumber daya alam dan ekonomi lainnya dengan salah satu mitra kerja Kemenhut LHK.  (Lee)

Pos terkait