Kementerian Kesehatan RI Tinjau Akreditasi Puskesmas di Kota Manado

  • Whatsapp
KPU Tomohon

Daily Manado.com – Pemerintah kota Manado melalui Dinas Kesehatan tak henti hentinya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan  pasien di segala bidang, seperti program kesehatan yang digalakkan oleh Walikota Manado Dr.Ir G.S Vicky Lumentut SH.MSi.DEA dan Wakil Walikota Mor Bastiaan, SE, yaitu masyarakat hidup sehat.

Buktinya Kementerian Kesehatan RI bersama Dinas Kesehatan kota Manado meninjau langsung Akriditasi Puskesmas yang ada di kota manado.

Puskesmas merupakan suatu pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian eksternal, oleh Komisioner Akreditasi terhadap Puskesmas, apakah sesuai dengan standar akreditas yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dalam upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Keselamatan pasien, baik dalam bidang Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), bidang Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) dan bidang Administrasi Managemen.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan kota Manado dr.Marini Maria Kapojos mengatakan Giat Akreditasi Puskesmas dalam rangka pemenuhan syarat Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Keselamatan Pasien, sesuai :
– Permenkes 71 Tahun 2013
– Permenkes 75 Tahun 2014
– Permenkes 46 Tahun 2015.
Bahwa Akreditasi Puskesmas adalah pengakuan yg diberikan oleh Lembaga Independen Penyelenggara Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan RI, bahwa setiap Puskesmas wajib di Akreditasi secara berkala setiap 3 tahun dan Akreditasi Puskesmas  merupakan Persyaratan kredensial FKTP yg bekerja sama dengan BPJS.

Maka Dinas Kesehatan Kota Manado bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara melakukan kegiatan Akreditasi 5 Puskesmas yang ada di Kota Manado yaitu :

– PKM. Minanga
– PKM. Bengkol
– PKM. Wenang
– PKM. Ranotana Weru
– PKM. Tongkaina

Kelima Puskesmas ini dinilai oleh Tim Surveyor dari Lembaga/Komite Penyelenggara  Independen Akreditasi FKTP Pusat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Dari 16 Puskesmas yang ada di 11 Kecamatan di Kota Manado, sudah 14 Puskesmas yang telah di akreditasi sejak tahun 2016 hingga saat ini. Jadi tersisa 2 Puskesmas yang rencananya akan dipersiapkan untuk tahun ke depan yaitu Puskesmas Bailang dan Bunaken Kepulauan. Untuk itu saya sedang memperlengkapi dan mempersiapkan mereka supaya benar-benar siap saat Tim Akreditasi Pusat akan turun, ujar dr. Marini.

Puskesmas yang telah diakreditasi untuk selanjutnya akan di Re-Akresitasi kembali setelah 3 tahun oleh tim Akreditasi Pusat.

dr.Marini berharap “Jadikanlah kegiatan akreditasi ini sebagai suatu kebutuhan untuk semua tenaga medis dan sistem didalamnya untuk menggalang komitmen bersama dengan segala implementasinya dalam upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Keselamatan Pasien untuk menjadikan Kota Manado semakin sehat dan sejahtera” harap Dr.Marini yang murah senyum. (Stand-Lee)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *